STRATEGI PEMASARAN ATRAKSI WISATA TEATER CALONARANG TETEKAN DI TABANAN BALI

https://doi.org/10.22146/jnp.6689

Purwanto Purwanto(1*), Janianton Damanik(2)

(1) Pusat Studi Pariwisata
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian strategi pemasaran atraksi wisata Teater Calonarang Tetekan (TCT) di Puri Agung Kerambitan, Tabanan, Bali bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi Pengelola Puri Agung Wisata. Penelitian yang dilaksanakan juga untuk mengevaluasi dan merumuskan implementasi strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi Pengelola Puri Agung Wisata untuk menghadapi persaingan dan perubahan lingkungan dalam industri pariwisata, khususnya penyelenggaraan atraksi wisata. Penelitian dilakukan sejak 1 Oktober 2009 hingga 30 Juli 2012 di Kerambitan, Tabanan, Bali.

Evaluasi strategi pemasaran Atraksi Wisata teater Calonarang tetekan di Puri Agung Kerambitan, Tabanan dilakukan dengan metode deskriptif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Uji reliabilitas dan validitas dilakukan untuk menentukan kevalidan data dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats). Hasil analisis kemudian digambarkan dalam kuadran SWOT dan diinterpretasikan pada matriks SWOT sehingga dapat diperlihatkan posisi dan arah perkembangan perusahaan dan alternatif strategi yang dapat diperasionalkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Puri Agung Wisata selaku pengelola atraksi wisata Calonarang tetekan di Puri Agung Kerambitan harus menerapkan strategi pemasaran yang agresif (growth oriented strategy) atau berada pada Kuadran I A, sehingga dapat tetap mempertahankan persaingan dalam industri pariwisata sejenis di Tabanan, dan wilayah Bali pada umumnya.





DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.6689

Article Metrics

Abstract views : 2137 | views : 3426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)




 

PUSAT STUDI PARWISATA – Universitas Gadjah Mada, 

Bulaksumur Blok D-8, Caturtunggal, Depok, Sleman YOGYAKARTA, 55281

Telp. (0274) 564138 Faks. (0274) 564138

Email: pusparjnp@ugm.ac.id