Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Event Indonesia Building Technology Expo 2019 P.T. Debindo Jakarta

https://doi.org/10.22146/jnp.55365

Siti Yumma Annisa(1*), Rudiansyah Rudiansyah(2)

(1) Politeknik Medan, Sumatera Utara
(2) Universitas Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh kulitas jasa pelayanan terhadap kepuasan pengunjung pada acara Indonesia Building Technology Expo 2019 yang di selenggarakan oleh PT Debindo. Jumlah responden yang diambil dari kegiatan ini yaitu 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian regresi linier berganda. Berdasarkan hasil perhitungan signifikansi pengaruh parsial dapat diuji dengan uji Wald didapat hasil pada bukti fisik (X1) berpengaruh positif terhadap kepuasan (Y), empati (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan (Y), kehandalan (X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan (Y), daya tanggap (X4) berpengaruh positif terhadap kepuasan (Y), jaminan (X5) berpengaruh positif terhadap kepuasan (Y). Dengan nilai signifikan 0,819 lebih besar dibandingkan tingkat signifikansi, yakni 0,05, maka variabel-variabel bebas mampu memprediksi dengan baik observed probabilitas dari kepuasan pengunjung.

Keywords


PT. Debindo; Pengaruh Kualitas; Jasa; Pelayanan; Pengunjung

Full Text:

Untitled


References

Agustyn, Renata Riskia. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Diponegoro Jurnal Manajemen Vol.2. Semarang.

Assegaf, Mohammad. 2009. Pengaruh Kualitas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Perusahaan PT. Garuda di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol.10, Vol.2.Unisulla Semarang. Semarang.

Dirgantara, Wara. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Kartini Jepara. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juwandi ,Hendy Irawan. 2004. Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta. Erlangga. Kurniawan, Aji. 2018. Kualitas Pelayanan Jasa Dan Kepuasan Pelanggan Pada Auto 2000 Singaraja. Diponegoro Jurnal Manajemen Vol.7. Semarang.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas. Jakarta. Indeks.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Muttaqqin, Imam. 2014. Studi Komparatif Konsep Kepuasan Sebagai Tujuan Kegiatan Konsumsi Menurut Ekonomi Konvensional dan Ekonomi Syariah. Jurnal UIN Sunan Ampel Vol. 3. Surabaya.

Nugraha, Aji. 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Pengiriman Lazada Express Saat Harbolnas Di ECommerc. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Unipas Vol 5. No. 2. Bali.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiranta. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Baru

Press Tandjung,W. 2004. Marketing Pendekatan pada Nilai-Nilai Pelanggan. Malang. Banyumedia.



DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.55365

Article Metrics

Abstract views : 3670 | views : 2587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Nasional Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

PUSAT STUDI PARWISATA – Universitas Gadjah Mada, 

Bulaksumur Blok D-8, Caturtunggal, Depok, Sleman YOGYAKARTA, 55281

Telp. (0274) 564138 Faks. (0274) 564138

Email: pusparjnp@ugm.ac.id