Kajian Pencemaran Lingkungan terhadap Kesehatan Masyarakat akibat Gas Buangan CO Kendaraan Bermotor di Kawasan Universitas Gadjah Mada

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v5i1.91392

Elsantika Meldacindya Nurmaya(1*), Sigit Heru Murti(2), Emilya Nurjani(3)

(1) Gadjah Mada University
(2) Universitas Gadjah Mada
(3) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Kawasan Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu pusat pendidikan terkemuka di Indonesia yang menjadi sentra sosial ekonomi bagi sekitarnya serta pusat mobilisasi civitas akademika maupun masyarakat umum. Padatnya kendaraan bermotor dapat memicu pencemaran lingkungan terutama pencemaran udara dan risiko gangguan kesehatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji konsentrasi Karbon Monoksida (CO) dan pengaruhnya terhadap pencemaran udara di Kawasan UGM, menganalisis pengaruh CO terhadap kesehatan masyarakat di Kawasan UGM, serta merumuskan strategi pengendalian pencemaran udara. Penentuan sampel abiotik berdasarkan SNI 19-7119.9-2005 menggunakan alat CO Meter, sedangkan pada aspek biotik dan kultural menggunakan metode in-depth interview. Lalu, dilakukan analisis dengan menggunakan metode DPSIR untuk merumuskan strategi pengendalian pencemaran udara. Hasil penelitian menunjukkan rerata CO pada hari kerja sebesar 22 ppm dan hari libur sebesar 17 ppm. Konsentrasi tersebut berada diatas baku mutu yang diizinkan yaitu sebesar 10 ppm. Berdasarkan hasil in-depth interview, pengaruh konsentrasi CO yang berada diatas baku mutu dapat menyebabkan penyakit ISPA baik ringan maupun berat. Gas buang kendaraan bermotor juga menjadi pemicu penyakit lain yaitu PPOK (Penyakit paru Obsurtif Kronis). Strategi pengendalian yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan pengujian emisi kendaraan bermotor, mengatur lalu lintas saat jam sibuk, melakukan pembatasan jumlah kendaraan mobil/motor yang masuk Kawasan UGM dengan memberlakukan tanda Kartu Identitas Kendaraan (KIK), optimalisasi kantong parkir, serta menghimbau civitas akademika untuk menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan oleh UGM.




References

Akhadi, M. (2009). Ekologi Energi, Mengenali Dampak Lingkungan dalam Pemanfaatan Sumber-Sumber Energi, I ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bari, M., Sitorus, S. H., & Ristian, U. (2018). Implementasi Metode Naïve Bayes Pada Aplikasi Prediksi Penyebaran Wabah Penyakit Ispa (Studi Kasus: Wilayah Kota Pontianak). Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi, 6(3).

Buanawati, T. T., Huboyo, H. S., & Samadikun, B. P. (2017). Estimasi Emisi Pencemar Udara Konvensional (Sox, Nox, Co, dan Pm) Kendaraan Pribadi Berdasarkan Metode International Vehicle Emission (Ive) di Beberapa Ruas Jalan Kota Semarang. Doctoral Dissertation. Semarang: Universitas Diponegoro.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. 2022. Kabupaten Sleman dalam Angka 2022. Sleman.

Gusrianti, D., & Tarigan, A. P. M. (2017). Analisis Sebaran Karbon Monoksida dari Sumber Transportasi dari Jalan Sisingamangaraja dengan Metode Finite Length Line Source Berbasis Sistem Informasi Geografis. Jurnal Dampak, 14(1), 41-51.

Haruna, H., Lahming, L., Amir, F., & Asrib, A. R. (2019). Pencemaran Udara Akibat Gas Buang Kendaraan Bermotor Dan Dampaknya Terhadap Kesehatan. UNM Environmental Journals, 2(2), 57-61.

Hendriarianti, E., Triwahyuni, A., & Ayudyaningtyas, A. T. (2022). Analisis Driving Force, Pressure, State dan Response Kualitas Air. Prosiding SEMSINA, 3(2), 278-285.

Indonesia. (1999). Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Jakarta.

Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Jung S, Kim J, Kim J, Hong D, & Park D. (2017). An estimation of vehicle kilometer traveled and on-road emissions using the traffic volume and travel speed on road links in Incheon City. J Environ Sci (China), 54, 90-100.

Latifa. A. (2019). Analisis Konsentrasi CO di Jalan terhadap Pengaruh Jumlah Kendaraan dan Baku Mutu Udara Ambien. Jurnal Tugas Akhir. Jakarta: Jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Trisakti.

Ludyaningrum, R. M. (2016). Perilaku berkendara dan jarak tempuh dengan kejadian ISPA pada mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(3), 408-419.

Meneguzzer, C. Massimiliano Gastaldi, Riccardo Rossi, Gregorio Gecchele, & Maria Vittoria Prati. (2017). Comparison of Exhaust Emissions at Intersections Under Traffic Signal Versus Roundabout Control Using an Instrumented Vehicle. Transportation Research Procedia, 25, 1597-1609.

Muziansyah., D, Sulistyorini, R., and Sebayang, S. (2015). Model Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Akibat Aktivitas Transportasi (Studi Kasus: Terminal Pasar Bawah Ramayana Kota Bandar Lampung). Jurnal Universitas Lampung, 3(1), 57-70.

Nurmaya, E.M, Murti, S.H., & Nurjani, E. 2023. Kajian Pencemaran Lingkungan terhadap Kesehatan Masyarakat akibat Gas Buangan CO Kendaraan Bermotor di Kawasan Universitas Gadjah Mada. Laporan Tesis. Program Studi Ilmu Lingkungan. Universitas Gadjah Mada. Sleman.

Hazizah, S.A.N. (2017). Analisis Konsentrasi Karbon Monoksida (CO) Pada Ruang Parkir Ayani Mega Mall Kota Pontianak. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 5(1).

Octradha, K.A. Huboyo, H.S. & Samadikun, B.P. (2017). Estimasi Emisi Berdasarkan Kecepatan Kendaraan Di Beberapa Ruas Jalan Kota Semarang. Jurnal Teknik Lingkungan, 6(2), 1-14.

Pratiwi, A., & Zaenab, Z. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepadatan Kendaraan Dengan Kandungan Karbon Monoksida (CO) Di Kota Makassar Tahun 2019. Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika dan Masyarakat, 20(1), 35-41.

Rambing, V. V., Umboh, J. M., & Warouw, F. (2022). Literature Review: Gambaran Risiko Kesehatan pada Masyarakat akibat Paparan Gas Karbon Monoksida (CO). KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 11(3).

Rivanda, A. (2015). Pengaruh Paparan Karbon Monoksida Terhadap Daya Konduksi Trakea. Jurnal Majority, 4(8), 153-160.

Santoso, I., & Darmiah, D. (2015). Hubungan Pencemaran Karbon Monoksida dalam Rumah dengan Kejadian ISPA di Desa Sungai Alat Kabupaten Banjar. JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN: Jurnal dan Aplikasi Teknik Kesehatan Lingkungan, 12(1), 238-242.

Sasmita, A., Reza, M., Elystia, S., & Adriana, S. (2022). Analisis Pengaruh Kecepatan dan Volume Kendaraan terhadap Emisi dan Konsentrasi Karbon Monoksida di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. Jurnal Teknik Sipil, 16(4), 269-279.

Setianingsih, Y. A., Yustina, E. W., & Widyorini, E. (2015). Pelaksanaan Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Sebagai Bagian Dari Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di Lingkungan Pendidikan (Studi Kasus Pada STIKES Di Kota Semarang). SOEPRA, 1(1), 106-114.

Simanjuntak, J., Santoso, E., & Marji, M. (2021). Klasifikasi Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan menerapkan Metode Fuzzy K-Nearest Neighbor. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(11), 5023-5029.

Sinaga, S., Sudarno, S., & Handayani, D. S. (2013). Pengaruh Jumlah Kendaraan Dan Faktor Meteorologi Terhadap Konsentrasi Karbon Monoksida (CO) Di Jalan Pandanaran Kawasan Simpang Lima, Kota Semarang. Disertasi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Suharti, N., Munir, E., Suryanto, D. and Agusnar, H. (2014). Hubungan antara Populasi Mikroorganisme Udara dengan Kejadian ISPA di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Terjun Medan. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1).

Sundari, S. N. (2019). Polusi udara kendaraan bermotor tidak berpengaruh terhadap penyakit ispa. Jurnal Kesehatan Lingkungan: Jurnal dan Aplikasi Teknik Kesehatan Lingkungan, 16(1), 697-706.

Somantri, L. (2014). Zonasi Angkutan Umum Massal, Citra Quickbird Multispektral, Citra Quickbird Pan-Sharpened, Klasifikasi Berbasis Objek, Interpretasi Visual, dan Pemodelan Spasial. Disertasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Sutiawan, A. (2016). Hubungan Faktor Meteorologi terhadap Tingkat Konsentrasi Karbon Monoksida (CO) di Jalan Kota Pontianak. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 4(1).

Tobing, K. R. L., & Istirokhatun, T. (2013). Pengaruh Jumlah Kendaraan dan Faktor Meteorologis (Suhu, Kecepatan Angin) Terhadap Peningkatan Konsentrasi Gas Pencemar CO, NO2, dan SO2 Pada Persimpangan Jalan Kota Semarang (Studi Kasus Jalan Karangrejo Raya, Sukun Raya, dan Ngesrep Timur V). DIPOIPTEKS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Undip, 1(1), 25-28.

Wardhana, Wisnu, A. (2004). Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardoyo. (2016). Emisi Partikulat Kendaraan Bermotor dan Dampak Kesehatan. Malang: Universitas Brawijaya.

Widayani. 2004. Kajian Korelasi CO dan Pb dengan Model Gaussian. Laporan Tesis. Program Studi Teknik Lingkungan Diponegoro. Semarang.

Wirosoedarmo, R., Suharto, B., & Proborini, D. E. (2020). Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor dan Kecepatan Angin Terhadap Karbon Monoksida di Terminal Arjosari. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 7(2), 57-64.

Yulianti, S., Fitrianingsih, Y., & Jati, D.R. (2013). Analisis Konsentrasi Gas Karbon Monoksida (CO) Pada Ruas Jalan Gajah Mada Pontianak. Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, 2(1), 1-10.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v5i1.91392

Article Metrics

Abstract views : 1508 | views : 1064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

Jurnal ini diterbitkan oleh:

Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada

69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Dengan dukungan dari:

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia