Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Escete terhadap Kepuasan Anggota Credit Union Mekar Kasih Kantor Pelayanan Makassar
Viktor Amos(1*), Hendrikus Kadang(2)
(1) Departemen Magister Sains Manajemen, Universitas Hasanuddin, Makassar
(2) Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Atma Jaya, Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi internet telah masuk ke berbagai penjuru atau bidang kehidupan manusia di abad ini. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi keuangan antara lain adalah kemudahan dalam melakukan transfer uang non-tunai, cek saldo dan mutasi rekening, membayar tagihan bulanan, isi ulang pulsa eletrik, pembayaran e-commerce, informasi kartu kredit/credit card, melihat informasi kurs, dan bisa mengetahui program lembaga keuangan. Karena itu, kualitas dari sebuah layanan cukup menentukan kepuasan konsumen dalam memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu e-banking itu adalah aplikasi Escete. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas layanan aplikasi Escete terhadap kepuasan anggota Credit Union Mekar Kasih Kantor Pelayanan Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 orang. Metode analisis yang digunakan meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS for Windows versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan aplikasi Escete yang meliputi ease of use, e-scape, customization, responsiveness, assurance mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota Credit Union Mekar Kasih Kantor Pelayanan Makassar.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Aplikasi Escete
Full Text:
PDFReferences
Credit Union Mekar Kasih. (2019). Laporan Pra Rapat Anggota Tahunan [Unpublished manuscript], Makassar
Friedman, B., Khan Jr, P. H., Howe, & Daniel C. (2000). Trust Online. Commucations of the ACM: Journal, 43 (12): 34-40.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E. (2013). Multivariate Data Analysis. Pearson Education Limited
Lohse, G. L., Spiller, P. (1998). Electronic Shopping. Commucations of the ACM: Journal, 41 (7): 81-87.
Lupiyoadi, R., (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Salemba Empat
Oge, L. (2020). Credit Union Mekar Kasih. [Unpublished manuscript]: Digitalisasi Credit Union, Makassar
Ribbink, D., van Riel, A.C.R., Liljander, V., & Streukens, S. (2004). Comfort Your Online Customer: quality, trust, and loyalty on the internet. Managing Service Quality: An International Journal, 14 (6): 446-456.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i2.70407
Article Metrics
Abstract views : 1537 | views : 1570Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
Jurnal ini diterbitkan oleh:
Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada
69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Dengan dukungan dari:
Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia