Analisis Model Struktur Komposit Main Landing Gear Pesawat Udara Nir Awak Menggunakan FEM
Andrian Permana(1*)
(1) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author
Abstract
Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) merupakan pesawat yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang berguna untuk memenuhi kebutuhan Alutsista TNI/POLRI dan fungsi pengawasan. Salah satu bagian yang cukup penting pada pesawat udara nir awak yaitu main landing gear, yang berfungsi untuk menahan beban pesawat. Dikarenakan sifat pesawat terbang yang dinamis maka ketahanan main landing gear harus benar-benar kuat, maka perlu dilakukan analisis untuk mengantisipasi kegagalan yang terjadi pada struktur tersebut. Selain itu, karena harus memiliki struktur ringan sekaligus kuat pada saat mengalami pembebanan, penggunaan material komposit adalah solusi struktur yang optimal. Pada pemilihan desain struktur komposit yang akan diaplikasikan, dapat dilakukan dengan perbandingan dua atau lebih desain dengan material komposit yang berbeda untuk mengetahui nilai failure indices, kekuatan (ketika menerima pembebanan) dan massa (yang lebih ringan). Selanjutnya dapat ditentukan desain yang paling handal untuk diaplikasikan. Metode yang digunakan dalam analisis desain struktur main landing gear PUNA ini yaitu Metode Elemen Hingga (FEM) yang merupakan salah satu metode numerik untuk menyelesaikan berbagai problem rekayasa sehingga diperoleh hasil pendekatan tegangan yang terjadi pada suatu struktur. Pada proses analisisnya dilakukan variasi material yang diaplikasikan pada model yang dibuat. Model 1 menggunakan material carbon epoxy dan model 2 menggunakan material Eglass epoxy yang kemudian dianalisis dan diuji konvergensi (untuk validasi) sehingga mendapatkan nilai tegangan dan failure indices. Hasil analisis didapat bahwa nilai tegangan maksimum pada model 1 (3,8kg) terjadi pada layer 23 dengan nilai failure indices sebesar 0,876 dan nilai tegangan maksimum pada model 2 (4,1kg) terjadi pada layer 23 dengan nilai failure indices sebesar 3,467. Dengan demikian, model 1 lebih handal dibandingkan model 2 untuk dapat diaplikasikan pada struktur main landing gear PUNA.
Kata kunci: PUNA; Main Landing Gear; Komposit; FEM
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Baker, A., Dutton, S., Kelly, D. (2004). Composite Materials for Aircraft Structures 2nd Edition. American Institute of Aeronautics and Astronautics Inc. Campbell, F.C. (2010). Introduction to Composite Materials (Structural Composite Materials). ASM International. Dokumen BPPT: Renstra PTIPK (2005-2006) dan RKAKL DIPA (2006-2008) Gibson, F.R. (1994). Principles of Composite Material Mechanics. McGraw-Hill Singapore. Hadi, B.K. (2012). Catatan Kuliah : Mekanika Struktur Komposit. ITB. Halqi, I. (2015). Analisis Tegangan dan Optimasi Massa Struktur Pada Komponen Tailboom Pesawat Udara Nir Awak LSU-05 Menggunakan Software MSC Patran/Nastran. STTA. Handayanu. (2010). Metode Elemen Hingga. ITS. Indrakto, R.T. (2007). Analisis Pembebanan Statik dengan Variasi Temperature pada Connecting Rod Motor Honda Tipe Grand 100 cc Dengan Material Baja AISI 1006, AISI 1040 dan AISI 1070 Menggunakan Software CATIA V5R14. Fakultas Teknik UNS. Jones, R.M. (1999). Mechanics of Composite Materials 2nd Edition. Taylor & Francis Ltd. Gunpowder Square. Karsidi, A. (2014). Indonesia Memiliki 13.466 Pulau yang Terdaftar dan Berkoordinat. Badan Informasi Geospasial (BIG). Katili, I. (2008). Metode Elemen Hingga Untuk Skeletal. Raja Grafindo Persada. MIL-HDBK-17-2F. (2002). Composite Materials Handbook: Volume 2. Polymer Matrix Composites Materials Properties. Department of Defense Handbook. Nayiroh, N. (2012). Teknologi Material Komposit. Jakarta. Niu, Michael C.Y. (1997). Airframe Stress Analysis and Sizing, Conmilit Press Ltd. P.O. Box 23250. Wanchai Post Office. Hong Kong. Sadraey, M. (2004). Chapter 9: Landing Gear Design. Daniel Webster College. Sidabalok, Y. (2015). Analisis Tegangan dan Optimasi Massa Struktur Komposit Nose Landing Gear Pesawat LSU-05 Menggunakan Software MSC Patran/Nastran. STTA. Wijaya, A. (2014). Analisa Kekuatan Main Landing Gear Back Up Structure Pada Pesawat R80 Menggunakan MSC Patran/Nastran. STTA.
DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i1.64965
Article Metrics
Abstract views : 1851 | views : 1466Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
Jurnal ini diterbitkan oleh:
Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada
69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Dengan dukungan dari:
Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia