Interpretasi Poda Na Lima Sebagai Pendidikan Karakter Pada Masyarakat Angkola-Mandailing
Izuddinsyah Siregar(1*)
(1) Universitas Graha Nusantara
(*) Corresponding Author
Abstract
Poda Na Lima sebagai satu nilai kearifan lokal bagi masyarakat Angkola-Mandailing dipandang memiliki peran strategis dalam membangun pendidikan karakter di daerah Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan). Poda Na Lima dapat dijadikan sebagai suatu pendekatan atau pun falsafah sebagai pendidikan karakter. Melalui peran strategis Poda Na Lima, diharapkan pendidikan di daerah Tabagsel mampu melahirkan generasi pendidikan yang memiliki karakter sosial yang tangguh, yakni karakter yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani di dalam menggali serta mengembangkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh dalam proses pendidikan. Dengan demikian, peran strategis Poda Na Lima dalam membangun pendidikan karakter masyarakat Angkola-Mandailing dapat dipandang sebagai upaya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, yakni adanya generasi yang memiliki kemampuan serta karakter yang berkualitas dalam menghadapi tantangan perubahan zaman.
Full Text:
PDFReferences
Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir.
Hasibuan, ZE & Perkasa Alam, Sutan Tinggi Barani. (2013). Studi Komprehensif Adat Budaya Batak Angkola Menelusuri Jejak Nilai- Nilai Luhur Adat Budaya dan Agama Ditanah Batak Angkola dalam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan Beradab, Padangsidimpuan. Tanpa Penerbit. Jurnal Pendidikan, 5 (2), 2339-2495.
Oktarina, Ririn & Ribuwati. (2018). Penerapan Pendidikan Berbasis Karakter Kearifan Lokal di SD Negeri 8 Rambutan Kabupaten Banyuasin Menuju Global Citizen. Palembang, Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, pp. 589-594).
Perkasa Alam, Sutan Tinggi Barani. (2005). Pembaharuan dan Modernisasi Adat Budaya Tapanuli Selatan Adat Hombar Dohot Ibadat dalam Pelaksana. Padangsidimpuan. Tanpa Penerbit.
Perkasa Alam, Sutan Tinggi Barani. (2018). Naposo Bulung dalam Tatanan Adat dan Bermasyarakat. Padangsidimpuan. Tanpa Penerbit.
Sahrul. (2016). Synchronization of Poda Na Lima and Da’wah: Case Study in Madina Regency as a Philosophical Review. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSRJHSS), 21 (10), 2279-0837.
Siregar, DA. & Harahap, AS. (2019). Nilai Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Nilai Poda Na Lima Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Hasil Penelitian, Vol. 2 (2), 2621-5284.
Article Metrics
Abstract views : 3433 | views : 4362Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.