SEBARAN TIPE PANTAI DAN KARAKTERISTIK LINGKUNGAN DI PANTAI SELATAN JAWA BARAT

https://doi.org/10.22146/mgi.13261

Noorhadi Rahardjo(1*)

(1) Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan panjang garis pantai kurang lebih 108.000 Km. Berdasarkan realita tersebut, maka ekosistem pantai merupakan sumberdaya yang polensial bila dikelola dengan optimal. Sebagai upaya optimalisasi, pemerintah melalui kegiatan Marine Resource Evaluation and Planning (MREP) telah menginventarisasi sumberdaya di wilayah pantai untuk 10 wilayah provinsi di Indonesia. Dari hasil inventarisasi tersebut, informasi tipe pantai belum dikaji secara khusus, padahal tipe pantai merupakan salah satu unsur penting untuk pengelolaan kawasan pantai. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan sebaran tipe pantai secara fisik dengan menggunakan peta, dan mendeskripsikan karakterisiik lingkungan pada setiap tipe pantai yang disajikan dalam bentuk tabeL Metode yang digunakan adalah dengan cara interpretasi citra Landsat ETM dan analisis peta geologi untuk membuat peta tipe pantai tent at if, dan kerja lapangan untuk menguji basil interpretasi citra dan analisis peta serta menelusuri karakteristik lingkungan pada setiap unit tipe pantai.

Dari hash penelitian dapat diketahui bahwa di wilayah pantai Jawa Barat bagian Selatan, terdapat empal tipe pantai, masing-masing : (a) Pantai gunungapi, (b) Pantai organik, (c) Pantai pengendapan taut, dan (d) Pantai pengendapan darat. Dori keempat pipe pantai tersebut, Pantai Gunungapi (Volcanic Coast) mendominasi seluruh wilayah pantai, kemudian secara berturut-turut diikuti oleh paniai pengendapan darat, dan pantai organik. Bentuk-bentuk pantai cekung (Teluk) tingkai perkembangan wilayahnya relatid lebih maju. bila dibandingkan dengan bentuk-bantuk pantai cembung (Tanjung).


Keywords


karakteristik lingkungan; tipe pantai




DOI: https://doi.org/10.22146/mgi.13261

Article Metrics

Abstract views : 10291 | views : 24009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Majalah Geografi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

Accredited Journal, Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 164/E/KPT/2021

Volume 35 No 2 the Year 2021 for Volume 40 No 1 the Year 2025

ISSN  0215-1790 (print) ISSN 2540-945X  (online)

 

website statistics Statistik MGI