Evaluasi Penerimaan dan Kelanjutan Penggunaan Sistem Informasi Kearsipan Inaktif (SIKI) oleh Unit Kerja di Lingkungan Universitas Gadjah Mada
Ully Isnaeni Effendi(1*)
(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Salah satu upaya terlaksananya penyelenggaraan kearsipan di Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah dengan penggunaan teknologi informasi, salah satunya adalah penggunaan sistem informasi kearsipan untuk arsip inaktif. Penelitian ini termotivasi untuk menganalisis evaluasi penerimaan dan kelanjutan penggunaan Sistem Informasi Kearsipan Inaktif (SIKI) di lingkungan UGM. Technology Acceptance Model (TAM) Venkatesh dan Davis digunakan sebagai dasar penelitian. Model ini dipilih karena merupakan sebuah konsep yang dianggap paling baik dalam menjelaskan perilaku user (pengguna) terhadap sistem teknologi informasi baru. Selanjutnya studi ini memodifikasi teori yang mempengaruhi attitude toward using yaitu ignorance dan multidimensional committment. Terdapat lima konstruk sebagai pembentuk ignorance dan multidimensional committment yaitu complexity, power of distance, incentive fairness, identification, dan internalization. Data penelitian diperoleh melalui sembilan key informan yaitu yaitu administrator SIKI unit kerja di lingkungan UGM yang pernah mengikuti sosialisasi SIKI oleh Arsip UGM. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tidak hanya complexity, power of distance, incentive fairness, identification, dan internalization saja yang berpengaruh pada penerimaan suatu sistem informasi dalam hal ini adalah penerimaan SIKI, namun terdapat faktor lain yang mempengaruhi kelanjutan penggunaan SIKI yaitu kebijakan pimpinan terkait penggunaan SIKI.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sumber Bahan Pustaka
Cambell, Donald J. (1988). Task Complexity: A Review and Analysis. Academy of Management Review, 13(1), 40-52.
Creswell, John W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications.
Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.
Davis, F.D. (1986). A technology acceptance model for empirically testing new end user information systems: theory and results," Doctoral dissertation, Sloan School of Management, Massachusetts Institute of Technology. Davis, F.D, Bagozzi. R.P. & Warshaw. P.R. (1989). User acceptance of computer technology: a comparison of two theoretical models, Management Science, 35, 982-1003.
Dessler, Gary. (2005). Human Resources Management (10th Ed). Upper Saddle River: Pearson Education Inc.
Hartwick, Jon, Barki, Henri. (1994). Measuring User Participation,User Involvement, and User Attitude. MIS Quarterly, 18(1), 59-82.
Hofstede, Geert. (1980). Culture’s Consequences: International Differences In Work Related Values. Beverly Hills: SAGE Publication.
Igbaria, M., Parasuraman, S. Baroudi, J. (1996). A Motivational Model of Microcomputer Usage. Journal of Management Information Systems, 13(2), 127-143.
Kelman, Herbert C (1958). Compliance, Identification, and Internalization Three Processes of Attitude Change. Journal of Conflict Resolution, 2(1), 51-60.
Maher, William J. (1992). The Management of College and University Archives. London: Scarecrow Press.
Meyer, J.P., Allen, N.J. (1991). A Three-Component Conceptualization of Organizational Commitment. Human Resource Management Review, 1(1), 61-89.
Miles, M.B., Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis (2nd ed). California: SAGE Publication.
McLeod, Raymond, Schell, George P. (2008). Management Information System (10th ed). Upper Saddle River: Prentice Hall.
Mowday, R.T., Porter, L.W., & Steers, R.M. (1982). Employee-Organization Linkages: The Psychology of Commitment, Absenteeism, and Turnover. New York: Academic Press.
Nottelmann, Nikolaj. (2015). The Cambridge Dictionary of Philosophy (3rd ed). New York: Cambridge University Press.
O’Brien, James A. (2005). Introduction to Information Systems. New York: McGraw-Hill.
Pitt, L., Berthon, P., Watson, R. (1996). From Surfer To Buyer on The WWW:What Marketing Managers Might Want to Know. Journal of General Management, 22(1): 1-13.
Rogers, E.M., Shoemaker, F.F. (1971). Communication of Innovations: A Cross-Cultural Approach. New York: Free Press.
Sun, Heshan, Zhang, Ping. (2006). The Role Moderating Factors in User Technology Acceptance. International Journal Human-Computer Studies, 64, 53-78.
Steers, R. M., & Porter, L. W. (1983). Motivation and Work Behavior. Edisi Ke-3. New York: McGraw Hill Book Company.
Straub, D., Limayem, M, Karahanna, E. (1995). Measuring System Usage: Implication for IS Theory Testing. Management Science, 41(8), 1328-1342.
Thompson, R.L., Howell, Jane M., Higgins, Cristopher A. (1991). Personal Computing: Toward A Conceptual Model of Utilization. Management Information System Quarterly, 15(1), 125-143.
Tornatzky, L.G., Klein, K.J. (1982). Innovation Characteristics and Innovation Adoption Implementation: A Meta-Analysis of Findings. IEEE Transactions on Engineering Management, 29(1), 28-45.
Sumber Produk Hukum
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009. Kearsipan. Jakarta.
Peraturan Kementrian Riset dan Teknologi Nomor 23 Tahun 2018. Klasifikasi Arsip Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip.
Peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016. Standar Kualitas Hasil Kerja Pejabat Fungsional Arsiparis.
Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2015. Kedudukan, Fungsi, dan Tugas Organisasi di Lingkungan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Peraturan Rektor Nomor 4 Tahun 2018. Pemberian Insentif Berbasis Kinerja Pegawai di Lingkungan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Peraturan Rektor Nomor 2 Tahun 2019. Penyusutan Arsip di Lingkungan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.48172
Article Metrics
Abstract views : 2663 | views : 2483Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 The authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.