Strategi Pengembangan Wisata Bersepeda Berdasarkan Karakteristik Motivasi Pesepeda Urban (Pada Grup Sepeda TOC Dan JGC-SCAM)
Tb Adinda Laksmana(1*), Heryadi Rachmat(2), Rusdin Tahir(3)
(1) Sustainable Tourism Padjajaran University, Post Graduate School (SPS)
(2) Sustainable Tourism Padjajaran University, Post Graduate School (SPS)
(3) Sustainable Tourism Padjajaran University, Post Graduate School (SPS)
(*) Corresponding Author
Abstract
Olahraga bagi sebagian orang sudah bukan hanya merupakan kebutuhan hidup sehari-hari, namun juga sudah dianggap sebagai gaya hidup. Dengan melakukan olah raga bukan hanya sekedar mendapatkan kebugaran tubuh tapi juga mendapatkan banyak manfaat lainnya. Trend Olah raga ini juga menjadi gaya hidup yang berkembang pesat pada masyarakat urban, dengan semakin banyaknya kelompok masyarakat tersebut yang rutin melakukan jenis olah raga yang dapat dilakukan di sela sela keterbatasan waktunya. Olah raga bersepeda adalah salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh kaum urban. Munculnya kelompok bersepeda pada masyarakat urban merupakan refleksi dari kebutuhan berolah raga sambil berekreasi di luar ruangan. Terdapat berbagai macam motivasi para pesepeda, dari hanya sekedar berkeinginan berolah raga, berwisata, mengurangi efek polusi udara, penghematan bahan bakar dan menghindari kemacetan, mencari pengalaman dan tantangan baru, pertemanan, hingga hanya sekedar mencari aktualisasi diri. Untuk mengetahui jenis motivasi beraktifitas bersepeda pada masyarakat urban, dilakukan kuesioner terhadap kelompok bersepeda serta penggemar kegiatan bersepeda lainnya. Hasil kuesioner yang diperoleh dapat mengelompokan serta mencirikan para pesepeda kaum urban berdasarkan karakteristik dan motivasi, serta menentukan strategi strategi pengembangan wisata pesepeda kaum urban dengan menganalisa faktor faktor internal IFAS dan eksternal EFAS dari karakteristik motivasi para pesepeda urban tersebut, serta menentukan strategi berdasarkan metode SWOT. Sehinga diperoleh strategi strategi pengembangan wisata bersepeda bagi masyarakat urban.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, J., (2001). Analysis of Highway Speed Limits. Faculty of Applied Science and Engineering, University Toronto, Canada.
Adiono. A.D, Bakhtiar. Y, Supatmo. Y, Muniroh. M, Hadianti. T. (2018). Perbandingan Efek Olahraga Indoor dan Outdoor Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7, (2), 1088-1098.
Andries. F. R. (2007), Perumusan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT – Studi Kasus Pada PT. Waringin Puspanusa Lestari Jakarta. Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Aquarita. D, Rosyidie. A, Pratiwi. W.D. (2016).
Potensi Pengembangan Wisata Sepeda di Kota Bandung Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Wisatawan. Jurnal Pengembangan Kota, 4, (1), 14-20.
Giriwijoyo. S.Y.S, Ichsan. M, Harsono, Setiawan. I, Wiramihardja. K.K. (2005). Manusia dan Olah Raga: Penerbit ITB.
Gultom. B, Sebayang. T, Darus. H.M.M.B., ( 20__ ), Strategi Pengembangan Usaha Tani Kopi Samosir (Coffeea Arabica) – Studi Kasus: Desa Tamba Dolok, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir., Rancangan Jurnal, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.
Gunanti. I.M. (2010), Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Orang Bersepeda Dengan Structural Equation Modeling. Skripsi. Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia Depok.
http://www.udg.edu/ca/Portals/59/OContent_Docs/2011_Compendium_Tracking_Guide_1_.pdf
https://isna-persagi.id/2018/10/17/met-metabolic-equivalent/
Kawulur, C. I., Sendow, T. K., Lintong, E., & Rumayar, A. L. E. (2013). Analisa Kecepatan Yang Diinginkan Oleh Pengemudi (Studi Kasus Ruas Jalan Manado-Bitung). Jurnal Sipil Statik, 1(4), 289–297.
Sastrapraja. D.S. (2014), Strategi Komunikasi Penggiat Kelompok Sepeda “Tangerang Last Friday Ride”. Skripsi. Konsenterasi Ilmu Humas, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Banten.
Sulistyo. D, Triana. B, Winarsih. N. (2011), Upaya Penggunaan Sepeda Sebagai Moda Transportasi di Kota Surabaya, Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Sipil),(pp. 46–50), Universitas Gunadarma.
The 2012 AASHTO The Bike Guide : An Overview. AASHTO & Federal Highway Administration.
The 2018 AASHTO The Bike Guide : Your Presenters.
Weiler, B., & Hall, C. M. (1992). Special interest tourism. Canada: John Wiley and Sons.
Wibowo. W, (2009). Analisis Internal & Eksternal (IE) Matrik Dalam Strategi Pengembangan Objek Wana Wisata Grajagan, Jurnal Ekonomi Bisnis, 14, (2), 161-170.
Widiyatmoko. (2014). Gaya Hidup Urban Jakarta dan Budaya Populer (Studi Kasus The Color Run CIMB Niaga), 301 - 311: ASPIKOM, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Kristen Petra Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Buku Litera Yogyakarta.
Zainuddin. R. (2008), Strategi Peningkatan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa/Kelurahan di Kecamatan Meral-Kabupaten Karimun. Tesis, Program PascaSarjana, Universitas Terbuka, Jakarta.
Zuhdi. A, Amelia. R, Syukur. M. A. (2015), Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats) Kebijakan Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) - Studi Kasus di Pasar Pratistha Harsa, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah., Laporan Hasil Penelitian Kolektif, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
DOI: https://doi.org/10.22146/jpt.54742
Article Metrics
Abstract views : 3741 | views : 5768Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tb Adinda Laksmana, Heryadi Rachmat, Rusdin Tahir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pariwisata Terapan is published by Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia with registered number ISSN 2580-1031 (Print) and ISSN 2580-104x (Online). This website is licensed under a Creative Commons Attribute-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
View My Stats =======