Analisis Media Representasi Citra Diri (Studi Kasus Lesti dan Billar dalam Membangun Citra Diri Sebagai Keluarga Harmonis)
Widya Ayu Nirmala Sari(1*), Sugeng Harianto(2)
(1) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Di era modernisasi seperti saat ini, keberadaan teknologi begitu marak di kehidupan masyarakat. Teknologi juga menjadikan masyarakat mengenal adanya media sosial. Dalam sebuah media sosial seringkali menunjukkan adanya perbedaan antara panggung depan dengan panggung belakang. Hal tersebut sesuai dengan apa yang ditunjukkan oleh Lesti dan Billar di media sosial mereka yang justru sangat berbeda dengan apa yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Keluarga yang seharusnya harmonis dan bahagia tersebut justru diberitakan oleh media bahwa Billar melakukan tindak kekerasan terhadap Lesti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara Lesti dan Billar dalam mencitrakan diri mereka sebagai keluarga harmonis dalam perspektif teori dramaturgi. Adapun kebaruan dalam penelitian ini terdapat pada teknik analisis data yang menggunakan teknik analisis semiotika dari Roland Barthes. Teknik tersebut digunakan untuk mengetahui bagaimana cara Lesti dan Billar dalam mencitrakan diri mereka sebagai keluarga harmonis. Dengan penggunaan teknik analisis tersebut, maka metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan sumber data berupa konten YouTube Lesti dan Billar, jurnal-jurnal ilmiah, buku, internet, serta sumber-sumber lain yang relevan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa cara Lesti dan Billar mencitrakan dirinya sebagai keluarga yang harmonis di media sosial YouTube yaitu dengan menunjukkan kepedulian terhadap satu sama lain di depan media, bersikap romantis terhadap istrinya dengan sering memberi kejutan, menunjukkan kekompakan antara keduanya, dan perhatian terhadap satu sama lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adyajayanti, Talitha Nilam. 2017. “Konsep Diri Anggota ‘JKT48 Surakarta.’” Thesis, Program Studi Komunikasi FISKOM-UKSW.
Annissa, Jeanie, and Ricky Widyananda Putra. 2019. “Analisa Semiotika Terhadap Pembentukan Citra Diri Joko Widodo Melalui Media Sosial Youtube.” Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi 7(1):30. doi: http://dx.doi.org/10.36080/avg.v7i1.856.
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. 2nd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Eva Yusi Anggraini, Anggraini. 2022. “Hubungan Kepuasan Terhadap Pendapatan Dengan Keharmonisan Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19.” undergraduate, Uiveritas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Hastuti, Diah Retno Dwi, M. Saleh Ali, Eymal B. Demmallino, and Rahmadanih. 2018. Ringkasan Kumpulan Mazhab Teori Sosial. 1st ed. Makassar: CV. Nur Lina.
Macionis, John J. 2011. Society: The Basics. 11th Ed. New York: Pearson.
Medlin, Allison Kay. 2008. “BARGAIN THEATER: A DRAMATURGICAL ANALYSIS OF A FLEA MARKET.” Thesis, Auburn University, Auburn.
Pandito, Riyan. 2022. “Isa Zega Beberkan Bukti Rizky Billar Berasal dari Keluarga Kaya: Sebelum Kenal Lesti, Sudah Pakai BMW.” Retrieved January 24, 2023 (https://depok.suara.com/read/2022/10/25/132150/isa-zega-beberkan-bukti-rizky-billar-berasal-dari-keluarga-kaya-sebelum-kenal-lesti-sudah-pakai-bmw).
Putri, Dianingtyas Murtanti. 2018. “Proses Pembentukan Citra Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa Universitas Bakrie.” Other, Universitas Bakrie.
Putri, Nabila Saridilla Reza, and Farida Farida. 2018. “Pembentukan Citra Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas dr. Soetomo Surabaya dalam Instagram.” Jurnal Kajian Media 2(2). doi: 10.25139/jkm.v2i2.1380.
Rianti, Nila, and Hesti Asriwandari. 2019. “Konstruksi Citra Diri Dan Fenomena Dramaturgi Melalui Media Sosial Instagram Di Kota Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 6(2):1–15.
Riauan, Muhd Ar Imam, and Genny Gustina Sari. 2018. “Konsep Diri Perokok Di Universitas Islam Riau.” Medium 6(2):27–38. doi: 10.25299/medium.2018.vol6(2).2410.
Ritzer, George, and Douglas J. Goodman. 2014. Teori Sosiologi dari Teori Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Terbaru. Bantul: Kreasi Wacana.
Sembiring, Eva Lestari, and Drs Hadi Purnama. 2020. “Representasi Citra Diri B.J. Habibie pada Iklan Surat Kabar (Analisi Semiotika Roland Barthes dalam Iklan Dukacita B.J. Habibie pada Surat Kabar Republika).” eProceedings of Management 7(2):29.
Uhls, Yalda T., Nicole B. Ellison, and Kaveri Subrahmanyam. 2017. “Benefits and Costs of Social Media in Adolescence.” Pediatrics 140(Supplement_2):S67–70. doi: 10.1542/peds.2016-1758E.
Varadilla, Nur Latifah. 2021. “BODY SHAMING DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI PEREMPUAN (Studi Pada Pramuniaga Mall Living Plaza Balikpapan).” Undergraduate, Universitas Muhammadiyah Malang.
Zakirah, Dinda Marta Almas. 2017. “Mahasiswa dan Instagram (Study Tentang Instagram Sebagai Sarana Membentuk Citra Diri di Kalangan Mahasiswa Universitas Airlangg).” Thesis (Skripsi), Universitas Airlangga.
DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v9i2.80526
Article Metrics
Abstract views : 2796 | views : 1509Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pemikiran Sosiologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:
ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).