ULAS: Ketercapaian Pelayanan Publik yang Efektif Berbasis Digital di Kota Surakarta

https://doi.org/10.22146/jps.v9i2.76232

Valinda Calonica Rosidi(1*), LV Ratna Devi Sakuntalawati(2)

(1) Universitas Sebelas Maret, Indonesia.
(2) Universitas Sebelas Maret, Indonesia.
(*) Corresponding Author

Abstract


Data Bappenas menunjukan rendahnya skor pelayanan publik pada tubuh pemerintahan. Kondisi ini mengharuskan adanya perbaikan kualitas pelayanan publik. Perbaikan dapat dilakukan salah satunya melalui aspek kemudahan pengaduan masyarakat. Layanan pengaduan masyarakat dinilai signifikan dalam memperbaiki kualitas pelayanan, yang disebabkan dapat secara langsung merespon kebutuhan dan keluhan yang dirasakan oleh masyarakat (bottom up). Merespon urgensi pelayanan pengaduan masyarakat, pemerintah Kota Surakarta saat ini telah mengadopsi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan. Maka dibuatlah inovasi pelayanan pengaduan dengan mengintegrasikan TIK yang dinamakan Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) sehingga membuka kemudahan akses bagi masyarakat untuk berinteraksi dengan pemerintah secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesiapan masyarakat menggunakan TIK, partisipasi penggunaan teknologi terhadap ketercapaian pelayanan publik yang efektif. Digunakan Theory Acceptance Model (TAM) dan teori partisipasi untuk mengkaji penelitian ini. Pengaplikasian TAM untuk menganalisis kesiapan memanfaatkan dan penerimaan terhadap teknologi. Sedangkan teori partisipasi menganalisis tingkat keterlibatan pengambilan keputusan yang mempengaruhi kepuasan penggunaan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori dan menggunakan metode survei, yaitu jenis penelitian untuk menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan dengan cara menyebarkan kuesioner. Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan tidak murni antara kesiapan masyarakat memanfaatkan TIK dengan ketercapaian pelayanan publik yang efektif yaitu sebesar 0,211 terkategori rendah. Maknanya, harus melalui variabel partisipasi penggunaan teknologi sebagai faktor uji variabel intervening. Akan tetapi, terdapat hubungan bersama-sama antara kesiapan masyarakat memanfaatkan TIK, partisipasi penggunaan teknologi, ketercapaian pelayanan publik yang efektif. Hasil ini sesuai dengan teori TAM milik Fred Davis dan teori partisipasi milik Everett Rogers.

Keywords


pelayanan publik efektif; e-government; partisipasi; pemanfaatan TIK; ULAS

Full Text:

PDF


References

Abadi, Totok Wahyu. 2014. “Performance E-Government untuk Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo.” Kawistara 4(3):225–330.

Aljazzaf, Zainab M., Sharifa Ayad Al-ali, dan Muhammad Sarfraz. 2020. “e-Participation Model for Kuwait e-Government.” International Journal of Advanced Computer Science and Applications 11(2):192–99.

Angelidou, Margarita. 2015. “Smart cities: A conjuncture of four forces.” Cities 47(May 2015):95–106. doi: 10.1016/j.cities.2015.05.004.

Aristi, Nindi, dan Preciosa Alnashava Janitra. 2019. “Kesiapan Digital Masyarakat Kampung Adat Naga pada Pelaksanaan One Village One Product.” Jurnal Ilmu Komunikasi 16(1):123. doi: 10.24002/jik.v16i1.1413.

Bachtiar, Rizqi, Dewi Laksmi Dwi P., Hanna Eka Pratiwi, dan Naghma Saniyyah. 2020. “Birokrasi Digital: Studi Tentang Partisipasi dan Kesiapan Masyarakat.” Journal of Governance and Sosial Policy 1(2):104–29. doi: 10.24815/gaspol.v1i2.18585.

BAPPENAS, Direktorat Aparatur Negara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional /. 2010. Laporan Kajian Manajemen Pengaduan Masyarakat dalam Pelayanan Publik.

Barker, Chris, Nancy Pistrang, dan Robert Elliott. 2002. Research Methods in Clinical Psychology: An Introduction for Students and Practitioners. Edisi 2. Inggris: John Wiley & Sons, Ltd.

Cohen, dan Uphoff. 1979. Feasilibility And Application Of Rural Develomen Participate. Ithaca: Cornell University.

Davis, D. 1989. “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology.” MIS Quarterly 13(3):319-340.

Elita, Endriana Wahyu, Supriyadi Supriyadi, dan Maharani Thalia Purwa Aditya. 2019. “Sistem Layanan Informasi, Pengaduan Masyarakat Berbasis Elektronik (E-Service) Dalam Peningkatan Pelayanan Publik Dan Keterrbukaan Informasi Pemerintah Kabupaten Pacitan.” Publik Administration Journal of Research 1(4). doi: 10.33005/paj.v1i4.29.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Japami, Wingfi, dan Fitri Eriyanti. 2019. “Efektivitas Pelayanan Keliling Online pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar.” Jurnal Ilmu Administrasi Publik 2(1):75–85.

Kemp, Simon. 2021. “Digital in Indonesia: All the Statistiks You Need in 2021 — DataReportal – Global Digital Insights.” Diambil 10 Oktober 2021 (https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia).

Mardikanto, Totok. 1994. Bunga Rampai Pembangunan Pertanian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Marlinda, Pebriana, Eka, dan Adia Ferizko. 2017. “part.” Jurnal Niara 10(1):36–44.

Mulyadi, Mohammad. 2011. “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 15(1):127–38.

Nugroho, Rossi Adi. 2020. “KAJIAN ANALISIS MODEL E-READINESS DALAM RANGKA IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT.” Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi 11(1):65–78. doi: 10.17933/mti.v11i1.171.

Panday, R., A. Wibowo, dan S. Mardiah. 2019. “Analisis Technology Readiness Acceptance Penggunaan Komputer dan Teknologi Informasi Pada Manajemen Proyek Kontraktor.” Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara Analisis 6(1):33–44.

Pratama, Nanda Bhayu, dan Ulung Pribadi. 2021. “Pengaruh Fasilitas, Transparansi, Partisipasi Dan Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Pelaksanaan SIMMADE (SIM Masuk Desa) di Kabupaten Bantul.” Jurnal Pemerintahan dan Kebijakan (JPK) 2(3):141–59.

Putra, Mohammad Toha, Warsito Warsito, dan Nunik Retno Herawati. 2017. “Evaluasi Partisipasi Masyarakat dalam E-government Pelayanan Publik di Kabupaten Boyolali.” Jurnal Ilmu Pemerintahan Undip 6(04):21–30.

Rachmawati, Indira. 2010. “Kajian Mengenai Kesesuaian Technology-Readiness Index (TRI) dalam Konteks yang Berbeda.” Competitive 6(2):9–16.

Riko Noviantoro. n.d. “Menumbuhkan Partisipasi Masyarakat Lokal Melalui Penerapan Teknologi Informasi Pada Pemerintahan Desa.” Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional.

Rogers, Everett M., dan F. Floyd Shoemaker. 1981. Memasyarakatkan Ide-Ide Baru. Surabaya: Usana Offset Printing.

Sabeni, Hiasinta, dan Emei Dwinanarhati Setiamandani. 2020. “Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.” JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 9(1):43–52. doi: 10.33366/jisip.v9i1.2214.

Saleh, Baso. 2015. “Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) Masyarakat di Kawasan Mamminasata Information and Communication Technology ( ICT ) Literacy of Community in Mamminasata Region.” 18(3):151–60.

Santoso, Halim Budi, Program Studi, Sistem Informasi, Universitas Kristen, Duta Wacana, Lussy Ernawati, Program Studi, Sistem Informasi, Universitas Kristen, dan Duta Wacana. 2015. “Penerapan Technology Acceptance Model Untuk Mengetahui Persepsi Pengguna Sistem Informasi Studi Kasus : e-Class Universitas Kristen Duta Wacana.” Informatika Universitas Ciputra, 233–42.

Sarwohadi, Sandjaja. 2022. Arah Pembangunan Bidang Aparatur Negara dalam RPJMN 2020-2024 dan Rancangan Awal RKP 2022. Semarang.

Slamet, Yulius. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Statistik, Badan Pusat. 2021. “Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin 2021.” Diambil 30 Juni 2022 (https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a21pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: alfabeta.

Sukarno, Mohamad, Atik Septi Winarsih, dan Prihantika Septi Wijaya, Hacykal Huda Cahyani. 2021. “Analisis Pelayanan Publik Berbasis Media Sosial (Studi Kasus Provinsi Jawa Tengah).” JSPG:JournalofSosialPoliticsandGovernance 3(1):11. doi: https://doi.org/10.24076/jspg.v3i1.507.

Tyas, Dyah Listianing, A. Djoko Budiyanto, dan Alb Joko Santoso. 2016. “Pengukuran Kesenjangan Digital Masyarakat Di Kota Pekalongan.” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2016(Sentika):2089–9815.

Wicaksono, Ferri. 2018. “Dilema Implementasi E-Goverment : Analisis Partisipasi Masyarakat Petani di Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial 2(3):227–36.



DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v9i2.76232

Article Metrics

Abstract views : 3323 | views : 2987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pemikiran Sosiologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:

Crossref Member Badge        

ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).


free
web stats View my stats