FORUM INTERNET SEBAGAI CYBER PUBLIC SPACE: ANALISA KOMPARASI KASKUS, ADSENSE-ID DAN SEMPROT.COM
Roikan Roikan(1*)
(1) Universitas Brawijaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penggunaan internet di Indonesia berdasarkan pengamatan saya mulai marak pada era akhir tahun 90-an dengan munculnya jasa warung internet (warnet). Berbagai kemudahan ditawarkan dari internet, dari mesin pencarian, surat elektronik (email), berita, jejaring sosial sampai forum. Forum dalam internet menjadi media penyampaian berita, diskusi sampai penyajian informasi dalam lingkup bidang khusus yang didominasi oleh interaksi yang intensif di antara anggotanya. Artikel ini mendiskusikan peranan forum cyber di internet sebagai ruang publik dengan menggunakan pendekatan antropologi visual dan antropologi media massa. Artikel ini juga memfokuskan diri pada fenomena komunitas-komunitas cyber dan interaksi mereka di dalam dunia virtual seperti KASKUS, Adsense-Id dan Semprot.com. Metode Penelitian yang digunakan di dalam artikel ini adalah analisis forum internet dengan menggunakan analisis partisipasi, analisis isi, dan analisis tema.
Keywords
Internet Forums; Social Media, Online Ads; Public Space
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23527
Article Metrics
Abstract views : 7357 | views : 7423Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pemikiran Sosiologi
Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:
ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).