Gejala Alienasi Dalam Masyarakat Konsumeristik
Aditya Permana(1*)
(1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM
(*) Corresponding Author
Abstract
” Masyarakat konsumer adalah masyarakat yang telah mengalami transformasi dari mode of production yang mencirikan kapitalisme lama ala Marx ke mode of consumption yang menandai era kapitalisme baru. Kapitalisme baru mengonstruksi masyarakat yang mengartikulasikan diri dalam objek-objek konsumsi yang menjadikan individu sekedar etalase tanda agar kemelimpahan produksi komoditi terus berjalan dan pemilik modal terus menangguk untung. Kapitalisme baru mereifikasi petanda-petanda (signifiers) komoditi dan melipatnya dalam kebutuhan-kebutuhan palsu (pseudo-needs) yang dijadikan ‘norma sosial’ baru yang berlandaskan pada konsumsi. Berkat kemajuan teknologi dan sistem konsumsi baru, kapitalisme baru menemukan solusi untuk mengatasi masalah alienasi buruh dalam mode of production. Namun konsumerisme sebagai efek langsung mode of consumption justru melahirkan alienasi yang jauh lebih luas dan tersamar. Tulisan ini mengangkat topik tersebut melalui kacamata pemikir sosial-filsafat postmodern, Jean Baudrillard”
Kata kunci: konsumsi, masyarakat konsumer, konsumerisme, reifikasi, alienasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jps.v1i2.23449
Article Metrics
Abstract views : 4835 | views : 14798Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pemikiran Sosiologi
Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:
ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).