Pelatihan UKM Rumahan Industri Pangan sebagai Upaya Meminimalkan Kendala Berwirausaha
Ratih Kusumawardhani(1), Ignatius Soni Kurniawan(2*), Alfiatul Maulida(3), Agus Dwi Cahya(4)
(1) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(2) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(3) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(4) Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan utama program ini adalah memberikan pembekalan dan pelatihan mengenai perizinan P-IRT, inovasi produk, pengelolaan keuangan, dan pemasaran produk bagi pemilik industri rumah tangga. Pengabdian masyarakat dilaksanakan pada 11 dan 12 November 2017 di Balai Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Pengabdian masyarakat berjalan lancar dengan
jumlah peserta sebanyak 26 orang dari 30 undangan. Materi yang disampaikan relevan dengan kebutuhan peserta yang sebagian besar menghadapi masalah terkait perizinan P-IRT, inovasi produk, manajemen keuangan, dan pemasaran produk. Pada saat pelaksanaan kegiatan, seluruh peserta aktif dan antusias mengikuti pelatihan hingga akhir sesi. Para peserta berharap agar kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan secara berkesinambungan. Kegiatan
pengabdian masyarakat juga bekerja sama dengan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas Mlati II) yang memberikan materi perihal perizinan P-IRT. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta dengan jenis kelamin perempuan (ibuibu) lebih antusias dalam mengikuti pelatihan daripada laki-laki. Hal tersebut tercermin dari permintaan peserta agar dilakukan pelatihan secara berkala.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Handito. (2017). DPRD DIY Usulkan Ekonomi Kreatif, Koperasi, dan UKM Dilindungi Perda. Diakses dari https://jogja.tribunnews.com/2017/09/25/dprddiy-usulkan-ekonomi-kreatif-koperasi-dan-ukmdilindungi-perda.
Jones, J. (2005). The Determinants of Training in Australian Manufacturing SMEs. Education and Training, 47(8/9), 605–615. Diakses dari https://doi.org/10.1108/00400910510633143.
Kuncoro, M. (2000). Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah, dan Strategi Pemberdayaan. Sumber, 7, 6–8.
Peel, D. (2004). Coaching and Mentoring in Small to Medium Sized Enterprises in the UK-Factors that Affect Success and a Possible Solution. International Journal of Evidence Based Coaching and Mentoring, 2(1), 1–11.
Primasari, I. (2018). Analisis Komunikasi Krisis Dicabutnya Sertifikasi Halal Toko Roti BreadTalk. Channel: Jurnal Komunikasi, 6(2), 191. Diakses dari https://doi.org/10.12928/channel.v6i2.11581.
Saugi, W. & Sumarno. (2015). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Pengolahan Bahan Pangan Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 226. Diakses dari https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6361.
Sjaifudian, H., Haryadi, D., & Maspiyati. (1995). Strategi dan Agenda Pengembangan Usaha Kecil. Bandung: Yayasan Akatiga.
Sumarjono, Subarkah, & Suparnyo. (2009). Pelaksanaan Pelayanan Perizinan Usaha Perdagangan Secara Online oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Upaya Meningkatkan Investasi di Kabupaten Kudus. Jurnal Suara Keadilan, 19(1), 31–41.
Wigatie, R. (2017). Pengemasan produk kerajinan bahan lunak. Retrieved March 4, 2020, from https://ragilwigatie.wordpress.com/2017/10/10/pe ngemasan-produk-kerajinan-bahan-lunak/ website: https://ragilwigatie.wordpress.com/
Yudana, I. G. P. H. & Kusuma, I. G. N. A. (2018). Pembinaan Industri Rumah Tangga Kerupuk Ladrang Cepik Desa Tajen Penebel-Tabanan Bali. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 1(1), 91–99.
DOI: https://doi.org/10.22146/jpkm.46438
Article Metrics
Abstract views : 5290 | views : 7331Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)