Workshop Manajemen Pembelajaran Podcast Berbasis Peer Assesmen pada Pendidikan Tinggi

https://doi.org/10.22146/jp2m.55845

Nur Aedi(1*)

(1) University Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah yang ditemukan dalam kegiatan workshop manajemen pembelajaran podcast yang diselenggarakan oleh fakultas ilmu pendidikan universitas pendidikan Indonesia adalah kesulitan dalam melakukan intonasi atau penekanan kata-kata ketika menyampaikan materi pembelajaran terhadap audiens, dan hal ini cenderung datar serta belum adanya standar baku dalam hal tersebut, terutama dalam mekukan perekaman data dengan talent yang telah ditunjuk sebelumnya. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan pendekatan kualitatif, yakni menjelaskan kegiatan secara terinci partisipasi dosen dalam mengikuti kegiatan podcast pada mata kuliah dasar khusus di fakultas ilmu pendidikan. Pemecahan masalahnya adalah bimbingan lanjutan oleh teman sejawat, terutama dalam melakukan penekanan suara atau intonasi yang dllakukan oleh host terhadap talent dengan mentor teman sejawat dan pendekatan seperti ini memberikan peluang untuk dapat meningkatkan manajemen pembelajaran melalui kegiatan podcast lebih menyenangkan dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Keywords


Podcast, Manajemen dan Pembelajaran

Full Text:

PDF


References

Allifiansyah, S. 2018 Kaum Muda , Meme , dan Demokrasi Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 151–164.

Copley, 2007, Audia and Video Podcast of Lectures for Campus-Based Students: Production and Evaluation of Student Use, Article in Innovations in Education and Teaching International 44(4):1470-32971470 • December 2007

Dewi Mayangsari, Dinda Rizki Tiara, 2019, Podcast sebagai Media Pembelajaran di Era Digital, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi Vol. 3 No.02, Desember 2019, Hal. 126-135 E-ISSN : 2549-7367

Efi Fadilah, PandanYudhapramesti, Nindi Aristi. 2017. Podcast sebagai alternative Distribusi Konten Audi0, Kajian Jurnalisme ISSN 2549-0559 (cetak) ISSN 2549-1946 (online) Volume I Nomor 1 Tahun 2017

Hamzanwadi, 2019, Metode Permainan Ritmik, Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi Vol. 3 No.02, Desember 2019, Hal. 126-135 E-ISSN : 2549-7367

Indri Anugraheni, 2019, Analisis Konsistensi dan Validitas Assesmen Teman Sejawat oleh Mahasiswa dan Assesmen Unjuk Kerja Dosen dalam Pembekajaran Praktikum pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makasar, Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan

Meisyanti, Woro Harkandi Kencana, 2020, Platform Digital Siaran Suara Berbasis on Demand (Studi Deskriptif Podcast di Indonesia), Jurnal Komunikasi dan Media Vol. 4 No. 2 Februari 2020 ISSN. 2527-8673 E-ISSN. 2615.6725

Syahrul, 2017, Kajian Jurnalisme ISSN 2549-0559 (cetak) ISSN 2549-1946 (online) Volume I Nomor 1 Tahun 2017



DOI: https://doi.org/10.22146/jp2m.55845

Article Metrics

Abstract views : 481 | views : 874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.