KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH 8
Muhammad Rizqi(1*)
(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah salah satu faktor penting dalam pengetahuan karena membantu siswa menyelesaikan masalah sehari-harinya, sehingga pembelajaran harus mengembangkan sikap dan kemampun siswa supaya dapat membantu siswa menyelesaikan masalah secara kreatif. Terdapat beberapa permasalahan yang dialami siswa yaitu matematika masih dipandang sulit, kemampuan berpikir kreatif matematis dalam aspek berpikir keluwesan, orisinil dan elaborasi tergolong rendah, dan siswa belum terbisa mengerjakan soal-soal yang sesuai dengan kemampuan berpikir kreatif.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui efektifitas model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash 8 terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya belajar; (2) mendeskripsikan pola kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan desain concurrent embedded, dimana pengambilan data diawali dengan pretest setelah itu proses pembelajaran lalu dilakukan postest dilanjutkan dengan memilih enam siswa sesuai dengan gaya belajar dan tingkatan kemampuan berpikir kreatif matematis untuk diwawancarai. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara random sampling sehingga terpilihlah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash 8 efektif terhadap kemampuan kreatifitas matematis ditinjau dari gaya belajar, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar visual lebih cenderung memenuhi indikator keaslian (originality) dan kerincian (elaboration), adapun kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar auditori cenderung memenuhi indikator keaslian (originality) dan kerincian (elaboration), sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar kinestetik cenderung memenuhi indikator keaslian (originality).Full Text:
PDF RizqiReferences
Afifudin, A., Bintari, S. H., & Ridlo, S. “Karakter Disiplin dan Percaya Diri Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pertumbuhan dan Perkembangan”. Journal of Biology Education, 6(2): 240–247,2017
Akram, M., Farid, S. & Luqman, M. “An exploration of relationship between perceptual learning styles and achievement goals”. International Journal of Business and Behavioral Sciences, 3(1): 27-35. 2013.
Arifin,M, Suyitno, H, Dewi, NR & Wardono. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Problem Based Learning Berdasarkan Mobile Learning Era Disrupsi. PRISMA 2. ISSN 2613-9189. 2019.
Asikin, & Cahyaningrum. Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan Innomatis. Jurnal Nalar Pendidikan. 2(1). ISSN: 2339-0749. 2015.
Feng, X. Z & H. R. Yu. A Novel Optimization Algorithm Inspired by The Creative Thinking Process. 2014.
Geradus, & Bire. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa.Jurnal Kependidikan.44(2). 2014.
Happy, N., & Widjajanti, D. B. “Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan
Kreatif Matematis, serta Self-esteem Siswa SMP”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1): 48–57. 2014
Inayah, I., & Rizqi, M. Desain bahan ajar berbasis kemampuan komunikasi matematis dengan pendekatan SAVI pada materi transformasi geometri. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika,3, 508-513. 2020.
Irbah, Kusumaningsih, & Sutrisno. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari gaya Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan.12(2). 2018.
Mariani, S., Wardono, W, & Kusumawardani, E. D. “The Effectiveness of Learning by PBL
Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry
Subject Matter”.International Journal of Education and Reserach,2(8): 531–548. 2014
Nugroho, Chotim, & Dwijanto. Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Ke
mampuan Berpikir Kreatif Matematik. UNNES Journal Of Mathematics Education. ISSN 2252-6927. 2013
Nurlita, M. “Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII”. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1): 38–49. 2015.
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematikm Siswa SMP di Cimahi”.KREANO: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif,9(1): 47-53. 2018
Putri, F. & Hasbi, M. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Problem Based
Learning”.Jurnal Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah
Metro,7(1): 56-64. 2018.
Ramlah, Firmansyah, & Zubair. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang).Jurnal Ilmiah Solusi.1(3): 68-75. 2014.
Rahmi, M. A. S. M., Budiman, M. A.,& Widyaningrum, A. Pengembangan media pembelajaran interaktifmacromedia flash8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku.International Journal of Elementary Education,3(2), 178-185. 2019.
Randa, Sugiyanto, & Dwi. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Tingkat Disposisi Matematis Pada Materi Program Linear di Kelas XII MAN 1 Pontianak: Universitas Tanjungpura. 2016.
Restanto, & Mampow. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatfi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe Open Ended ditinjau dari Gaya Belajar.Jurnal Numeracy. 5(1). 2018
Rizqi, M., Suyitno, H., & Dwijanto, D. Students’ Mathematical Creative Thinking Ability in terms of Learning Styles and Gender in Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research,10(1), 24-34. 2021
Rizqi, M. Learning Tools with SAVI Participation (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) in Improving Mathematical Communication Skills in the Industrial Revolution Era 4.0. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 1779, No. 1, p. 012063). IOP Publishing. 2021.
Rochani, S. “Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Hasil Belajar kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif”.Jurnal Riset Pendidikan Matematika,3(2): 273–283. 2016
Saironi, M. & Sukestiyarno, Y. L. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis etnomatematika”, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1): 76-88. 2017
Solehuzain, & Dwidayati, N. K. “Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended”.Unnes Journal of Mathematics Education Research,6(1): 103–111. 2017.
Wahyuni, Kartono, & Dwjanto. Keefektifan Pembelajaran PBL Pendekatan Kontekstual pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang. 2016.
Wiratama, K. Y. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Masalah Matematika Terbuka Terhadap Hasil Belajar Matematika”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1): 1–11. 2015.
DOI: https://doi.org/10.22146/jmt.83174
Article Metrics
Abstract views : 635 | views : 1235Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright of Jurnal Matematika Thales ISSN 2715-1891 (Print).
Jumlah Kunjungan: View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.