PENGARUH REPUTASI, KOMPETENSI, KESUKAAN DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK (STUDI PADA KONSUMEN KOSMETIK THE BODY SHOP DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
Veny Tambunan(1*), Sampurno Sampurno(2), Djoko Wahyono(3)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Meningkatnya persaingan antar perusahaan mengakibatkan banyak bermunculan produk-produk yang serupa. Hal ini merupakan latar belakang pentingnya dilakukan upaya untuk mempertahankan loyalitas merek. Reputasi merek, kompetensi merek, kesukaan pada merek merupakan faktor-faktor yang dapat memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap suatu merek. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan instrumen berupa kuesioner, dengan jumlah responden sebesar 100 responden. Pada analisis data dihasilkan bahwa reputasi merek memberikan pengaruh positif dan signnifikanterhadap kepercayaan merek (koefisien beta= 0,487; thitung= 5,371˃ ttabel= 1,984; sig.=0,000 <0,05); Kompetensi merek tidak memberikan pengaruh terhadap kepercayaan merek (koefisien beta= 0,154; thitung= 1,722< ttabel= 1,984; sig.= 0,088˃ 0,05); Kesukaan akan merek memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek (koefisien beta= 0,318; thitung= 5,115˃ ttabel= 1,660; sig.= 0,000< 0,05); Reputasi merek, kompetensi merek dan kesukaan akan merek secara bersama-sama memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek (F hitung = 33,674 ˃ F tabel = 2,680 ;sig.=0,000<0,05); Kepercayaan merek memberikan pengaruh positif pada loyalitas konsumen (koefisien beta= 0,775 ;thitung = 11,962 ˃ttabel=1,984 ;sig.=0,000<0,05).
Kata kunci:kepercayaan merek, loyalitas merek, The Body Shop
Full Text:
PDFReferences
Afsal, 2010, Consumer’s Trust In The Brand: Can It Be Built Through Brand Reputation, Brand Competence And Brand Predictability,International Business Research Vol.3 No.1, 43-48
Akpoyomare, O.B, Adeosun L.P.K dan Ganiyu, R.A., 2012, The Influence of Product Attributeson Consumer Purchase Desicionin The Nigerian Food and Beverage Industry: A Study of Lagos Metropolis, American Journal of Business and Management Vol.1 No.4, 196-201
Bennet, R. dan Bove, L., 2002, Identifying the Key Issues for Measuring Loyalty, Australasian Journal of Market Research, 9(2), 27-44.
Coviello, Nicole, Brodie, Roderick, Danaher, Peter and Wesley Johnston, 2002, “How Firms Relate to their Markets: An Empirical Examination of Contemporary Marketing Practices,” Journal of Marketing, 66 (3), 33-46
Hanif, M., Hafeez, S., dan Riaz, A., 2010, Factors Affecting Customer Satisfaction, International Research Journal of Finance and Economics, Issue 60, 44-52
Kotler, P and Keller, K. L., 2009, Marketing Management, 13rd ed. NJ: Pearson Prentice-Hall International Edition, Inc
Lau, G. T. and Lee, S. H., 1999, “Costumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty,” Journal of Market Focused Management, No 4, pp. 341-370
McIlroy, A. and Barnett, S., 2000, “Building Customer Relationships: Do Discount Cards Work ?” Managing Service Quality, 10 (6):347-355.
Nili, M., Navabakhsh, M. dan Khosropour, A., 2013, Influence of Corporate Reputation and Brand Personality on Customer Satisfaction and Loyalty in Communication Services, Technical Journal of Engineering and Applied Sciences Vol.3(16), 1800-1808
Priyatno, D., 2008, Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution) untuk Analisis Data dan Uji Statistik, MediaKom, Jakarta, 16-25, 53-83
Sekaran, U., 2006, Research Methods for Bussiness: a Skill-Buliding Approach 4th ed., John Willey and Sons, New York.
Sugiyono., 2007, statistika untuk penelitian, CV Alfabeta, Bandung, hal 18-25.
DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.255
Article Metrics
Abstract views : 3060 | views : 5199Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.