PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TAHAP KEPUTUSAN DOKTER MEMILIH VAKSIN HEPATITIS B UNTUK ORANG DEWASA DI RUMAH SAKIT

https://doi.org/10.22146/jmpf.345

Abdul Aziz Setiawan(1*), Masruchin Masruchin(2), T. Djoharsyah(3)

(1) Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah, Tangerang
(2) Universitas Pancasila, Jakarta
(3) Universitas Pancasila, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penyakit hepatitis telah menjadi masalah kesehatan di dunia, diperkirakan 1 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat sirosis dan kanker hati. Di Indonesia diperkirakan 13 juta orang menderita hepatitis B, sekitar 50% berpotensi menjadi penyakit hepatitis kronis, bila tidak diobati secara baik maka 10% diantaranya dapat menjadi liver fibrosis sebagai cikal bakal kanker hati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap tahap keputusan dokter melakukan vaksinasi hepatitis B untuk orang dewasa di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.  Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah survey-cross sectional dari bulan  Agustus 2012 sampai dengan bulan Desember 2012 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara non-probabilitas sampling – purposive sampling sebanyak 61 dokter internist, 21 dokter internist diambil untuk uji pendahuluan dan 40 dokter internist diambil setelah uji validitas dan realibilitas. Pengujian hipotesa menggunakan analisa regresi berganda, uji t dan uji F pada tingkat kepercayaan 95% (a = 5%). Hasil analisa menunjukkan uji koefisien determinasi variabel produk, harga, tempat dan promosi memberikan kontribusi pengaruh sebesar 24,8% terhadap tahap keputusan dokter. Variabel harga dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tahap keputusan dokter. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel produk, harga, tempat dan promosi terhadap tahap keputusan dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Keywords


bauran pemasaran, hepatitis B, vaksin, tahap keputusan dokter, marketing mix, hepatitis B, vaccine, doctor’s decision phase



References

Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta; 2009, h 139.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1611/MENKES/SK/XI/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Imunisasi. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia; 2005.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Pharmaceutical Care untuk Penyakit Hati. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2007.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Saatnya Lawan Hepatitis. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2011.

Dogramatzis, Dimitris. Pharmaceutical Marketing, a Practical Guide. United State of America: CRC Press; 2002, h 49.

Ghozali, Imam. Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS. Semarang : BP Undip; 2005, hal 92, 105.

Hisrich, Robert D, Michael P. Peters, dean A. Shepherd. Entrepreneurship kewirausahaan Edisi 7. Jakarta: Penerbit Salemba Empat; 2008, h 327-328.

Khan M. Consumer Behaviour and Advertising Management. New Delhi: New Age International (P) Limited; 2006, h 3-4, 12, dan 130.

Kotler dan Pfoertsch. B2B Brand Management. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer; 2008, h 12. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Marketing Manajement 14. Amerika: Penerbit Prentice Hall; 2012, h 25.

Limakrisna, Nandan dan Asep Hermawan. Metode Penelitian untuk Bisnis dan Manjemen. Jakarta: Universitas Persada Indonesia; 2011. H 20, 21.

Nitisusastro, Mulyadi. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta; 2012, h 195.

Perreault WD., McCarthy EJ. Basic Marketing: A Global-Managerial Approach, 14th ed, New York: McGraw-Hill; 2002, h 46, 392.

Ranuh, I.G.N., Hariyono Suyitno, Sri Rezeki S Hadinegoro, Cissy B Kartasasmita, Ismoedijanto, Soedjatmiko. Pedoman Imunisasi Di Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Badan penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia; 2011, h 10, 24-40, 134139.

Rao, Vithala R. Handbook of Pricing Research in Marketing. United Kingdom: Edward Elgar Publishing Limited; 2009, h 15.

Sampurno. Manajemen Pemasaran Farmasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2009, h 1, 5, 7-8, 25, 98, 137, 181182, 187-188, 218-220.

Sekaran, Uma.. Metode Penelitian untuk Bisnis Edisi 4 Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat; 2006, h 40.

Simamora, Henry. Manajemen Pemasaran Internasional Edisi 2, Jilid II. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta; 2007, h 400-401.

Soepardi, Jane. Profil kesehatan 2010. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik; 2011. Supranto J. dan Limakrisna N. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran: Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media; 2011. h 3, 12.

Supriyanto, S., Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. CV Andi Offset, Yogyakarta; 2010, h 4-5, 34, 169-170, 182, 195-200, 202-203, 269-277. Umar, Husein. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia; 2003, h 15, 108.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.345

Article Metrics

Abstract views : 1764 | views : 9634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats