KECAKAPAN DIGITAL: PEMANFAATAN SHOPEE DALAM PENINGKATAN PENJUALAN UMKM SHIROSHIMA INDONESIA PASCA COVID-19

https://doi.org/10.22146/jmki.88512

Meli Firdausi Nazila(1*)

(1) Gadjah Mada University
(*) Corresponding Author

Abstract


Transformasi aktifitas ke media digital di masa pandemi menambah kuantitas pengguna internet di Provinsi DI Yogyakarta. Penambahan kuantitas pengguna internet ini dimanfaatkan oleh UMKM Batik Shiroshima Indonesia untuk memperluas usahanya di era pasca pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan data dengan wawancara dan dokumentasi melalui jurnal, buku, dan sumber berita.  Penelitian bertujuan memahami bagaimana pemanfaatan e-commerce Shopee sebagai media promosi online. Teori yang dipakai adalah teori promosi online Kotler dan Amstrong 2017. Pemilihan subyek berupa Shiroshima Indonesia dikarenakan merupakan UMKM yang mengalami tiga fase penjualan yaitu penjualan offline saat pra pandemi, penjualan online saat pandemi serta penjualan online dan offline pasca pandemi. Adapun hasil dari penelitian ini  adalah Shiroshima Indonesia telah memanfaatkan media digital sebagai media penunjang promosi. Shiroshima Indonesia berhasil memasarkan produk batiknya ke 514 kota/kabupaten di Indonesia dan sukses menembus pasar Asia Tenggara dan Eropa. Kontribusi pada riset ini terdapat pada subyek yang diangkat yaitu UMKM Shiroshima Indonesia yang mengalami tiga fase penjualan yaitu penjualan offline  (pra pandemi), penjualan online (pandemi), dan penjualan online dan offline (pasca pandemi). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan wacana bagi pelaku UMKM dalam  memaksimalkan penggunaan media digital.

Kata kunci: Cakap Digital, UMKM, Promosi Online


Keywords


Cakap Digital, UMKM, Promosi Online



References

Achjari, D. (2000). Potensi Manfaat dan Problem di E-Commerce. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 15(3), 388-395. https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39173

Amstrong, Gary dan Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

Bernaldi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ. ComTech, 4(2), 731-741.

Fachrina, R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing (Shopee) dalam Meningkatkan Penjualan pada UMKM di Marelan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah, 2(2), 247-254. DOI: https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i2.75

Farisi, S. A. (2021). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73-84. DOI: http://doi.org/10.25273/equilibrium.v8i2.7118

Fathurrahman, d. (2021). Pentingnya Memiliki Digital Skills di Masa Pandemi. Jurnal Widya Laksmi, 83-90.

Fauziyah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop "Shopee" dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abiwara, 1(2), 45-53. DOI:10.31334/abiwara.v1i2.792

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Keller, Kevin. (2012). Marketing Management. 14th Editions. Person Prentice Hall. New Jersey.

Labib, M. (2015). Pengaruh Direct Marketing Methods terhadap Keputusan Berkunjung di Kampung Gajah Wonderland (Survei pada Tamu Rombongan di Kampung Gajah Wonderland). Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 5(1), 889-896. DOI: https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550

Laksana, S. (2021). Post Pandemic Indonesia Regional Development Planning, New Normal, New Orientaton, The Case of West Java. Jurnal Perencanaan Pembangunan, 5(1), 32-50.

Latifah, N., & Widayani, A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), 82-93.

Li, H. (2013). Factors Influencing Consumers Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda. iBusiness, 5(4), 161-166.

Maghfiroh, A. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1), 132-140.

Maksum, A. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang.

Martowinangun, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Co-Management, 1(2), 139-152.

DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795

Maulana, S., & Susilo, H. (2015). Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Toko Pabrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 1-9.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara, 1(2), 71-83.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prihadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(1), 15-20. DOI: 10.23917/benefit.v3i1.5647

Purnama, N. E. (2020). Analisis E-Commerce dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(1), 133-142. DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v21i2.8503

Shevany, M. (2018). Analisis Strategi Membangun Brand Awareness E-Commerce Shopee di Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1(1), 1-10.

DOI: https://doi.org/10.15642/manova.v1i1.345

Sriyanto, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone di Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen, 5(2), 163-175. DOI: http://dx.doi.org/10.36080/jem.v5i2.331

Sulistyawati, d. (2020). Marketplace Shopee sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133-142. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Supangat. (2021). Manfaat Shopee Terhadap Brand Lokal Indonesia E-Bisnis Kelas R. Artikel Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi.

Zaenuddin, d. (2021). Perubahan Perilaku Masyarakat Jawa Barat dalam Melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru di Masa Pandemi Covid-19. Social Work Journal, 11(1), 1-12.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmki.88512

Article Metrics

Abstract views : 3429 | views : 2937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

             

 


   Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia (Online ISSN 2721-396X) is published by the Department of Communication Science (DIKOM), Faculty of Social Science and Political Science (FISIPOL), Gadjah Mada University 

 

View My Stats