AKULTURASI BUDAYA ARAB DALAM MOTIF KALIGRAFI BATIK BESUREK BENGKULU
Yuha Afina Khalish(1*), Ade Solihat(2)
(1) University of Indonesia
(2) Universitas Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Batik telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda Indonesia oleh UNESCO. Batik besurek merupakan salah satu kain batik di Indonesia yang berasal dari Bengkulu. Kain batik besurek memiliki kekhasan pada motifnya, yaitu kaligrafi Arab yang menjadikan hal tersebut sebagai bentuk akulturasi budaya. Akulturasi budaya dalam kain batik besurek juga menghasilkan motif kain besurek baru hasil perkembangan dari perajin kain besurek di Bengkulu. Dalam penelitian ini dibahas tentang hasil akulturasi budaya Arab dengan budaya Indonesia pada batik besurek Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka dan wawancara. Data-data diperoleh dari artikel jurnal, laporan penelitian, dan buku serta wawancara dengan narasumber. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akulturasi budaya dari Koentjaraningrat. Motif kaligrafi yang terdapat di dalam kain besurek tidak terlalu jelas terlihat, sehingga khat yang biasa digunakan adalah khat kabur mutlak. Hasil dari akulturasi budaya dalam kain batik besurek berupa perkembangan motif kain besurek yang terdapat bunga raflesia yang merupakan ikon dari Provinsi Bengkulu.
Kata kunci: Akulturasi Budaya, Arab, Batik Besurek, Bengkulu, Kaligrafi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abubakar, H. (1991). Sekilas tentang Asal-Usul Huruf Arab dan Seni Kaligrafi di Indonesia. Humaniora, 62-70.
Ahmad, A. A. (2013). Dakwah, Seni dan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Dakwah Tabligh, 75-89.
Alshahrani, A. A. (2008). Arabic Script and the Rise of Arabic Calligraphy. ERIC, 21.
Deppendra, M., Syarifuddin, & Dhita, A. N. (2020). Kain Batik Besurek di Kota Bengkulu. History Education and Culture.
Dwikurniarini, D., Murdyastomo, A., & Ririn. (2013). Akulturasi Batik Tradisional Jawa dengan Cina. Informasi, 1-14.
Haryono, L. (2012). Nilai dan Makna pada Kain Batik Basurek yang Mengandung Unsur Kaligrafi Arab di Bengkulu. Students e-Journal.
Iskandar & Kustiyah, E. (2017). Batik sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Gema, 2456-2472.
Koentjaraningrat. (2011). Pengantar Antropologi I. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mayasari, Z. M. (2019). Application of Fractal Principles in Redesigning an Arabic Calligraphy and Rafflesia Flower Motif in Batik Besurek. Journal of Physics: Conference Series.
Mujahidin, M. F. (2016). Pemikiran Kaligrafi Arab di Indonesia. CMES, 179-188.
Ranelis, & Washinton, R. (2017). Seni Kerajinan Batik besurek di Bengkulu. Ekspresi Seni, 113-130.
Rasyid, S. (2021, November 30). Jateng. Diambil kembali dari merdeka.com: https://www.merdeka.com/jateng/kisah-sentot-ali-basyah-panglima-perang-diponegoro-Fayang-dibuang-ke-bengkulu.html. Diakses pada tanggal 26 Oktober 2022.
Rispul. (2012). Kaligrafi Arab sebagai Karya Seni. Tsaqafa, 9-18.
Sudardi, B., & Supana. (2018). The Actualization of Islamic Concept in Batik in the Malay Culture Area. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 537-543.
Sudarno, J. (2017, Agustus 28). Diambil kembali dari Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Bengkulu: https://bengkulu.kemenag.go.id/artikel/42771-jumlah-penduduk-berdasarkan-agama-yang-dianut-se-Provinsi-bengkulu. Diakses pada tanggal 30 November 2022.
Trixie, A. A. (2020). Filosofi Motif Batik sebagai Identitas Bangsa Indonesia. Folio, 1-9.
UNESCO - Indonesian batik. Intangible Cultural Heritage. (t.thn.). Diakses pada tanggal 24 September 2022, dari https://ich.unesco.org/en/RL/indonesian-batik-00170
Zamora, A. (1987). Arti, Sejarah dan Motif Dasar Kain Besurek (Batik Khas Bengkulu). Bengkulu.
Zamora, A. (2022, November 9). Motif Kain Batik Besurek Bengkulu. (Y. A. Khalish, Pewawancara).
Zamora, A. (2022, Oktober 27). Design Motif Bunga Raflesia untuk Kain Besurek [Instagram Post]. https://www.instagram.com/p/CkN13_ZJmGg/
DOI: https://doi.org/10.22146/jksks.81340
Article Metrics
Abstract views : 2863 | views : 1992Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuha Afina Khalish
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.