Tingkat Pengetahuan dan Harapan Warga Sekolah Terhadap Program Usaha Kesehatan Sekolah di Tingkat Sekolah Dasar Kota Yogyakarta
Sri Mulyani(1*), Erni Dwiwahyuni(2), Ana Trisnawati Wimbagya(3), Oldy Mutiara Dewi(4)
(1) School of Nursing Faculty Of Medicine Universitas Gadjah Mada
(2) School of Nursing Faculty Of Medicine Universitas Gadjah Mada
(3) School of Nursing Faculty Of Medicine Universitas Gadjah Mada
(4) School of Nursing Faculty Of Medicine Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Background: School is a foremost place for students to do their activities besides home. Thus, health services which target school aged children would be more effective if conducted at school. Goverment has carried out the school-based health centre program in every school including in elementary level, however the implementation was still disobediently. Therefore, it is necessary to investigate the level of knowledge as well as expectation of school society regarding School-based health centre program.
Objective: to investigate the level of knowledge toward the implementation of the school- based health centre program as well as their expectation regarding the program.
Methods: this is a survey research to investigate knowledge and hope of teachers, parents and students regarding the implementation of school-based health centre program. Using clustered random sampling method, 842 respondents were recruited including 384 students, 352 parents and 106 teachers. Quessionaire were modi ed from school strati cation evaluation form for primary school level by Health Department 2013.
Results: knowledge level of the school society towards School-based health centre program was 61,89% in general indicator, 78,78% in health eduation indicator and 71,48% respectively in healthy environtment indicator. In addition, their expectation regarding the program was high (3,27 out of 4).
Conclusion: School society has a good knowledge and great expectation towards the implementation of the school-based health centre program.
ABSTRAK
Latar Belakang: Sekolah merupakan tempat utama yang digunakan anak untuk melakukan aktivitasnya selain di rumah. Oleh sebab itu, pemberian pelayanan kesehatan dengan target anak usia sekolah akan lebih efektif jika dilakukan di sekolah. Pemerintah telah mencanangkan adanya program UKS di Sekolah-sekolah, akan tetapi selama ini pelaksaan program tersebut masih belum optimal. Untuk itu perlu dicari tahu bagaimana sebenarnya pengetahuan warga sekolah terhadap UKS dan harapan mereka terhadap adanya program UKS.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan harapan warga sekolah tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Wilayah Kota Yogyakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian survey untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan harapan guru, siswa dan orang tua siswa terhadap pelaksanaan UKS. Dengan metode cluster random sampling diperoleh sebanyak 842 responden yang terdiri dari 384 siswa, 352 orangtua siswa dan 106 guru. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini merupakan modi kasi dari lembar evaluasi strati kasi UKS tingkat SD dari Dinas kesehatan 2013.
Hasil : Rata-rata tingkat pengetahuan warga sekolah tentang UKS pada indikator pengetahuan umum sebesar 61,89%, pendidikan kesehatan sebesar 78,78% dan pelayanan kesehatan sebesar 71,48%, serta pembinaan lingkungan sehat sebesar 75,22%. Sementara rerata harapan warga sekolah terkait TRIAS UKS sebesar 3,27 (rentang nilai 1-4) yang artinya harapannya tinggi/besar.
Kesimpulan: tingkat pengetahuan warga sekolah tentang program UKS dalam kategori baik dan secara umum terdapat harapan yang sangat besar dari warga sekolah terhadap pelaksanaan program UKS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assefa M, Kumie A. Assessment of Factors Infuencing Hygiene Behaviour among School Children in Mereb-Leke District, Northem Ethiopia: A Cross-sectional Study. BMC Public Health, 2014.
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Parent Engagement: Strategies for Involving Parents in School Health. Department of Health and Human Services, Atlanta, GA, US, 2012.
Gambaran Pengetahuan Tenaga Kesehatan tentang Diabetes Melitus di Puskesmas Kota Manado. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik. 2015;3(1). 26-33.
Iriani F. Gambaran Kesejahteraan Psikologis pada Dewasa Muda Ditinjau dari Pola Attachment. Jurnal Psikologi. 2005;3(1). 44- 64.
Putri DC. Hubungan Faktor Pendukung Program Usaha Kesehatan Sekolah Dengan Keberhasilan Program Usaha Kesehatan Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Tegalrejo, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. 2010.
Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta, 2005.
Sih A. Pengaruh Pelatihan Pemberian Makan pada Bayi dan Anak (PMBA) terhadap Pengetahuan, Keterampilan Konseling, dan Motivasi Bidan Desa. Jurnal DIKES. 2013; 1(1):1-20.
Sugandi D. Pengaruh Pendapatan, Pengetahuan dan Kepemilikan Lahan Terhadap Sikap dan Implementasinya Pada Partisipasi Penduduk dalam Konservasi Lingkungan Sagara Anakan. Universitas Pendidikan Indonesia, 2013.
Ekarini SMB. Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Partisipasi Pria dalam Keluarga Berencana di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Universitas Diponegoro, Semarang, 2008.
Efendi F. dan Makhfudli. Keperawatan Kesehatan Komunitas. Teori dan Praktik dalam Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta, 2009.
Undang Undang Reprublik Indonesia Nomor 32 Tahun 1992 tentang Kesehatan. 17 September 1992. Lemaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992 Nomor 3495.
Notoatmodjo, S. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni, Rineka Cipta, Jakarta, 2007.
Jenmorri K. Of Rainbows and Tears: Exploring Hope and Despair in Trauma Therapy. Child Youth Care Forum. 2006; 35 (February):41–55.
DOI: https://doi.org/10.22146/jkkk.29010
Article Metrics
Abstract views : 4419 | views : 7971Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Sri Mulyani, Erni Dwiwahyuni, Ana Trisnawati Wimbagya, Oldy Mutiara Dewi
Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal)
collaborates with DPW PPNI DIY
Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.