Implementasi Pengembangan Asdk Pada Program Gizi Dan Kesga Di Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo

https://doi.org/10.22146/jisph.71292

Rizky Yuspita Sari(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Peraturan Presiden RI No 39 Tahun 2019 tentang satu data nasional. Peraturan ini mendorong Instansi salah satunya kesehatan untuk memulai mengembangkan sistem satu data kesehatan. Upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo untuk meningkatkan sistem pelaporan yang cepat dan akurat sudah dilakukan menggunakan file excel yang di cloud kedalam google drive agar bisa di akses oleh pemegang program dari puskesmas dan dinas kesehatan. Selain itu, dinas kesehatan menggunakan banyak sistem untuk melakukan pelaporan pada masing- masing program. Akan tetapi, hal ini tidak efektif karena adanya fragmentasi data yang dikelola oleh petugas yang berbeda, belum adanya integrasi data, danterdapat banyak pengulangan penginputan data pada beberapa sistem yang membuat beban kerja bertambah, serta kesulitan dalam melakukan visualisasi data.

Metode: Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan action research

Hasil: Proses pengulangan pengisian data pada banyak sistem, laporan yang menumpuk pada laporan berbasis excel, dan tidak ada fungsi visualisasi data secara otomatis untuk menilai capaian kinerja, serta masih sulitnya diseminasi informasi        kepada  pemerintah daerah dan masyarakat luas. Implementasi ASDK memudahkan dalam input data, pembuatan visualisasi data, memudahkan akses informasi dengan menggunakan dashboard, serta memudahkan        diseminasi informasi.

Kesimpulan: Implementasi ASDK Dinas kesehatan Kulon Progo berjalan dengan baik dan menghasilkan kesepakatan dasboard berupa dashbord perprogram dan dashboard perbidang. Fitur Bulk load membantu input data, hasil visualisasi data memudahkan dalam proses analisa  data.


Keywords


DHIS2, ASDK, Dashboard, Sistem Informasi




DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.71292

Article Metrics

Abstract views : 1565 | views : 1094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats