THE EFFECT OF MANAGERIAL ORIENTATION ON SALESPERSONS’ JOB SATISFACTION

https://doi.org/10.22146/jieb.6653

BM. Purwanto(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi ini mengungkap efek orientasi manajerial terhadap kepuasan kerja tenaga penjual. Kepuasan kerja merupakan konstruk yang sangat penting bagi manajer karena memiliki efek yang signifikan terhadap perilaku dan kinerja tenaga penjual. Responden adalah tenaga penjual jasa asuransi jiwa dari 12 perusahaan asuransi jiwa yang beroperasi di Indonesia. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Two-step approach to SEM digunakan untuk menguji model hubungan struktural antara konstruk-konstruk yang mencerminkan orientasi manajerial (komitmen manajemen terhadap kualitas layanan, pemberdayaan, evaluasi berdasar perilaku, dan evaluasi berdasar hasil) dan kepuasan kerja. Hasil pengujian menunjukkan bahwa komitmen manajemen terhadap kualitas layanan akan mendorong manajemen untuk memberdayakan tenaga penjualnya. Manajemen yang berupaya memberdayakan tenaga penjual cenderung menggunakan sistem evaluasi berdasar perilaku dari pada menggunakan sistem evaluasi berdasar hasil. Evaluasi berdasar perilaku berefek positif terhadap kepuasan kerja, sedangkan evaluasi berdasar hasil cenderung berefek negatif terhadap kepuasan kerja tenaga penjual.


Keywords: salesperson, management commitment to service quality, empowerment, behavior-based evaluation, outcome-based evaluation, job satisfaction, two-step approach to SEM.


Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jieb.6653

Article Metrics

Abstract views : 894 | views : 1196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics