WHAT CAN WE LEARN FROM A FAILURE OF ALLIANCES? A CASE STUDY BETWEEN DUTCH AND AMERICAN COMPANIES

https://doi.org/10.22146/jieb.6352

Sari Wahyuni(1*)

(1) University of Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa banyak stratejik alliansi yang kandas di tengah jalan. Kendati aliansi tersebut diawali dengan komitmen yang tinggi dan diikuti dengan usaha yang berkesinambungan untuk menghasilkan aliansi yang sukses tapi tetap saja banyak aliansi yang terhenti di tengah jalan. Pertanyaan utama yang diajukan dalam riset ini adalah: Faktor-faktor penting apa sajakah yang perlu dipertimbangkan manajer untuk membentuk aliansi yang sukses? Dengan menggunakan kualitatif riset, penelitian ini berusahan menggali factor faktor penting tersebut. Studi kasus antara Avebe dan Noveon merupakan sebuah contoh alliansi internasional yang diwarnai dengan hubungan yang sangat harmonis anta wakil perusahaan di dalam alianasi tersebut, hampir tidak ada konflik di antara mereka dan kerjasama ini berhasil membuat produk yang sangat unggul di dunia pertekstilan. Anehnya, aliansi ini kandas setelah 4 tahun berjalan. Pelajaran berharga yang dapat kita petik dari kerjasama lintas budaya ini diharapkan dapat membantu para manajer dalam mengembangkan aliansi mereka.


Keywords


Strategic Alliances, Failure, Partner Contribution, Control, Conflict, Interdependency, Communication

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jieb.6352

Article Metrics

Abstract views : 1024 | views : 964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)



Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics