DAYA TARIK KAMPUNG INGGRIS PARE SEBAGAI TUJUAN PEMBELAJARAN BAHASA

https://doi.org/10.22146/jgs.63893

Ranto Praja Hamonangan(1*)

(1) Program Studi Doktor Ilmu Teologi Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menemukan daya tarik yang menjadi aspek membuat orang datang ke Kampung Inggris Pare untuk belajar bahasa sementara ada banyak tempat belajar bahasa selain Pare. Temuan dari penelitian ini menjadi signifikan karena dapat dijadikan acuan untuk mengambil pertimbangan dalam bidang pendidikan, khususnya bahasa. Dengan mengetahui hasil penelitian maka kita mengerti apa yang membuat orang datang belajar bahasa dan mengerti harus berbuat apa. Penelitian dilakukan dengan metode etnografi selama enam bulan, Januari-Juni 2020. Pengambilan data dilakukan dari sumber primer dan sekunder. Data primer yang adalah data langsung dari sumber diperoleh dengan metode kualitatif dengan berada di lapangan menggunakan field note dan melakukan wawancara. Data sekunder yang adalah data jadi, seperti: brosur, jurnal, buku, dll, menggunakan studi kepustakaan. Setelah data terkumpul dilakukan reduksi, yaitu pemilahan data relevan dan tidak relevan. Setelah data relevan diperoleh, dilakukan display data, yaitu penyajian/pengelompokan menurut bagian dalam tema-tema. Unsur tema tersebut selanjutnya diolah dengan pendekatan etnografi realis. Yaitu pemaparan obyektif berdasarkan informasi langsung yang kemudian diakhiri dengan kesimpulan. Dari penelitian diketahui faktor yang menjadi daya tarik Pare sebagai tujuan pembelajaran bahasa yaitu: untuk studi, mencari beasiswa, dan sebagai persinggahan. Selain itu, diketahui juga bahwa selain bahasa Inggris ada unsur lain yaitu terdapat pelajaran bahasa Arab, Mandarin, Jepang, Jerman dan bahasa Belanda. Lebih lanjut, terdapat bimbingan belajar/potensi akademik untuk persiapan ke perguruan tinggi dan calon pegawai negeri sipil/kerja. Ditemukan juga bahwa sisi spiritualitas terakomodir di Pare, tidak hanya untuk Islam, tapi juga untuk Kristen. Hal ini membuat Pare memiliki hal-hal yang menjadi daya tarik tersendiri. Ia bukan sebatas bahasa Inggris dan sebatas belajar bahasa.

Keywords


Bahasa-bahasa, Studi, Beasiswa, Persinggahan, Spiritualitas/Iman

Full Text:

PDF


References

Buku Chejne, Anwar G. (1969). The significance of arabic in arab-muslim society. Minnesota: University of Minnesota Press. Creswell, W., John. (2014). Research Design qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. London: SAGE publication. Crystal, David. (2012). English as a global language. New York: Cambridge University Press. Geertz, Clifford. (1960). The Religion of Java. London: The University of Chicago Press. Lutfi, Mustafa & Kusuma, Rachmat., Dewi (2013). Pare Paradise Potret Kampung Inggris. Malang:Universitas Brawijaya Press. Versteegh, Kees. (1997) The Arabic Language, Edinburgh: Edinburgh University Press. Dokumen Resmi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. (2019). Pesona Wisata Kabupaten Kediri. Kediri: Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri. Jurnal Anjar, Ignasius. (2016). Transformation Phases of Kampung Inggris Pare, Universita della Calabria, 1-13. Asih, Lisda Bunga. (2017). Gaya Hidup (Life Style) Masyarakat Kampung Inggris Pare. Departemen Sosiologi FISIP Universitas Airlangga, 1-13. Aziz, Abdul., Muhamad. (2017). Analisis Peran Keagamaan Terhadap Proses Pendidikan Kursus Bahasa Inggris (Studi Kasus di Kampung Inggris Pare Kediri Jawa Timur), AKADEMIKA, 22, 2017, 319- 343. Briggs, L., Charles. (1984). Learning How to Ask: Native Metacommunicative Competence and the Incompetence of fieldworkers, Language in society Vol. 13, Language in Society, 13, 1-28. Coblin, South., W. (2000). A Brief History of Mandarin. Journal of the American Oriental Society, 537-552. Hermawan, Budi. (2018). English Education Village Tourism “Kampung Inggris Pare-Kediri”: An Ethnography Study. The Fifth National and the Third International Conference 2018, 331- 341. Musthofiyah, Uning & Silalahi. (2018). English Learning Community in Pare Kediri Indonesia. The University of Merdeka Malang, 257-261. Naidoo, Loshini. (2012). Ethnography: An Introduction to Defenition and Method. University of Western Sydney,1-8. Pease. M., Robert (1997), The New Mandarins, The National Interest 59- 61. Wiwin, Yulianingsih & Supriono. (2018), The Involvement of Informal Sector Workers In Society Learning Activities at Kampung. Journal of Social Studies Education Research, 132-144. Informan Agus. (2020). Pedagang Kaki Lima (Cilok). Penduduk Setempat. Aldi. (2020). Pelajar Sambil Mengajar (Tutor). Asal Kalimantan Alvina Rahmawati Meliala. (2020). Cuti Dari Kerja untuk Belajar. Asal Tangerang Selatan. Andreas Suwito (2020). Pengurus Kerohanian-. Penduduk Setempat. Arif. (2020). Pelajar Bahasa Arab dan Mandarin. Asal Sulawesi. Ayu. (2020). Tutor. Asal Yogyakarta Fauzi. (2020). Pemilik Koskosan. Penduduk Setempat. Iwane. (2020). Pelajar Tanpa Tujuan/Pelarian. Asal Bali. Janan. (2020). Ditugaskan Belajar Oleh Tempat Bekerja. Asal Yogyakarta. Kamal. (2020). Belajar Mandarin. Asal Tidore. Lala. (2020). Pelajar Gratis/Tidak Berbayar. Penduduk Setempat. Mah Indah. (2020). Tutor. Penduduk Setempat. Markus. (2020). Pelajar Bahasa Inggris dan Mandarin. Asal Kalimantan Mr. Jhon. (2020). Tukang Becak. Penduduk Lokal. Mustakim. (2020). Pelajar Untuk Studi Lanjut. Jurnal Gama Societa, Vol.4 No.1, Mei 2020, 7-18 18 Asal Sulawesi. Nato. (2020). Pelajar Bahasa Inggris. Asal Timor Leste. Nining Sulastri. (2020). Pelajar Bahasa Inggris. Asal Cirebon. Oktoberlin. (2020). Pelajar. Asal Sumatera. Pak Ves. (2020). Pemilik Koskosan. Penduduk Setempat. Rensius. (2020). Pelajar Sudah Berusia 50an tahun. Asal Salatiga Siregar (2020). Pelajar Sudah Berkeluarga. Asal Madinah. Sitepu (2020). Istri Pelajar. Asal Karo. Siti (2020). Pelajar Sudah Berkeluarga. Asal Madinah. Tony. (2020). Pelajar Bahasa Inggris Sudah Berkeluarga. Asal Manado. Wemy (2020). Pekerja di Tempat Les. Asal Sumatera. Zevaaa. (2020). Pelajar Cari Beasiswa. Asal Cirebon. Skripsi, Tesis, Disertasi Anitasari, Kusnul Dwi. (2012). Dari Desa Menjadi Kampung Inggris (Kajian Sejarah Perekonomian Desa Tulungrejo Pare Kediri 1977-2011. Universitas Negeri Malang, Malang. Badiah, Anisatul. (2017). Komodifikasi Desa Menjadi Kampung Inggris. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. Oktavia, Rizky. (2019). Kontribusi Keberadaan Lembaga Bimbingan Belajar Terhadap Ekonomi Masyarakat di Kampung Inggris Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. IAIN Tulungagung, Tulungagung. Website PORTAL INFORMASI TERLENGKAP DAN TERPERCAYA, Retrieved from (2020) https://www.kampunginggris.com/ WE WORLD ENGLISH, (2020). Retrieved From https://www.kampunginggris.online/ PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI, (2020) Retrieved From https://kedirikab.go.id/index.php?option=c om_content&view=article&id=68&Ite Blog Retrieved from https://alif.id/read/amanah- nurish/mengenang-clifford-geertz-setelah- separuh-abad-modjokuto-b215246p/ Retrieved from https://www.kompasiana.com/agustriwinarso/5 52afb12f17e61205dd623cf/pare-mojokuto- hingga-kampung-inggris Koran Daring SUARA.COM. Retrieved Juni 8, 2020 https://www.suara.com/yoursay/2020/03/31/14 5430/kampung-inggris-pare-lockdown-lokal- untuk-cegah-penularan-corona?page=all LIPUTAN 6. Retrieved Juni 5, 2020 https://www.liputan6.com/lifestyle/read/40311 45/6-kampung-inggris-yang-ada-di-indonesia- mau-coba-kursus-di-salah-satunya IDN TIMES Retrieved Juni 5, 2020 https://www.idntimes.com/life/inspiration/yuli o/sekelumit-cerita-yang-kamu-alami-hanya-di- kampung-inggris-pare-kediri HARAPANRAKYAT. Retrieved Juni 5, 2020 https://www.harapanrakyat.com/2019/08/10- fakta-kampung-inggris-kediri-jawa-timur/ NUSANTARADAILY. Retrieved Juni 5, 2020 From https://nusadaily.com/en/culture/there-is-the- origin-of-a-legendary-english-village-in- kediri.html KEDIRIPEDIA.COM Retrie



DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.63893

Article Metrics

Abstract views : 8461 | views : 9110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Gama Societa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

slot gacor