Kualitas Layanan Jasa Pendidikan: Analisis Quality Function Deployment

https://doi.org/10.22146/jgs.48866

Saiqa Ilham Akbar(1*)

(1) Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas jasa pendidikan tinggi di Yogyakarta berdasarkan kebutuhan dari mahasiswa sebagai pengguna jasa pendidikan di Yogyakarta dengan menggunakan model HedPERF. Instrumen HedPERF digunakan sebagai alternatif dari instrumen lain yaitu SERVQUAL karena dianggap lebih mampu menjelaskan gagasan terkait dengan kualitas layanan di pendidikan tinggi. Model HedPERF yang digunakan adalah analisis Quality Function Deployment untuk menghubungkan antara suara konsumen yang berisi kebutuhan dari sisi pengguna jasa dengan suara perusahaan yang berisi parameter-parameter teknis dalam meningkatkan kualitas layanan dari sisi penyedia jasa. Ada enam dimensi dalam model HedPERF yaitu dimensi aspek non akademis, aspek akademis, reputasi, akses, kesesuaian program, dan pemahaman terhadap pengguna. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersifat cross-section. Rata-rata dari setiap dimensi kualitas layanan di sisi pengguna jasa dibandingkan dengan faktor-faktor dalam pengelolaan jasa yang mempengaruhi kualitas layanan sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatan oleh pemangku kepentingan untuk melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan jasa pendidikan.


Keywords


HedPERF, Jasa Pendidikan, Kualitas Layanan, QFD

Full Text:

PDF


References

Abdullah, F. 2006. Measuring service quality in higher education: Three instruments compared. International Journal of Research & Method in Education, 29(1), 71-89. Abdullah, F. 2006. The development of HEdPERF: a new measuring instrument of service quality for the higher education sector. International Journal of Consumer Studies, 30(6), 569-581. Angell, RJ., TW. Hefferman & P. Megicks. 2008. Service quality in postgraduate education. Quality Assurance in Education, 16(3), 236-254 Atmanti, HD. 2005. Investasi sumber daya manusia melalui pendidikan. Dinamika Pembangunan, 2(1), 30-39. Baki, B., CG. Basfirinci, Z. Cilingir, and I. Murat. 2008. An Application of Integrating SERVQUAL and Kano’s Model into QFD for Logistic Services: A Case Study from Turkey. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 21(1), 106-126. Chan, LK. & Wu, ML. 2002. Quality Function Deployment: A Literatur Review. European Journal of Operational Research, 143(3), 463-497 Delgado-Hernandez, DJ., Bampton, KE. & Aspinwall, E. 2007. Quality Function Deployment in Construction. Construction Management and Economics, 25(6), 597-609 Indrawati, A. 2001. Pengaruh kualitas layanan jasa pendidikan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis, 16(1), 25-35. Firdaus, A. 2004. Managing service quality in higher education sector: a new perspective through development of a comprehensive measuring scale. In Proceeding of the Global Conference on Excellence in Education and Training: Educational Excellende through Creativity, Innovation & Enterprise, Singapore. Gaither, N and G. Frazier. 2002. Operation Management, 9e. Ohio: South-Western Hair, J. F. Jr., Anderson, R. E, Tatham, R. L. and Black, W. C. 1995. Multivariate data analysis with readings. Prentice Hall, New Jersey. Jain, S.K. and Gupta, G. 2004. Measuring service quality: SERVQUAL vs. SERVPERF scales. Vikalpa, 29(2), 25-37. Jeong, M. & Oh, H. 1998. Quality function deployment: An extended framework for service quality and customer satisfaction in the hospitality industry. International Journal of Hospitality Management, 17(4), 375-390. Krajewski, Lee J. dan Larry P. Ritzman. 1999. Operations Management: Strategy and Analysis. Massachussetts: Addison-Wesley Mulyawan, A and Sidharta, I. 2014. Determinan kualitas layanan akademik di STMIK Mardira Indonesia Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 8(1), 13-24. Parasuraman, A., Zeithaml and Berry. 1994. Alternative scale for measuring service quality: a comparative assessment based on psychometric and diagnostic criteria. Journal of Retailing, 70(3), 193-194. Sahney, S., Banwet, DK. & Karunes, S. 2003. Enhancing quality in education: application of quality function deployment – an industry perspective. Work Study, 42(6), 297-309. Singarimbun, Masri. 1974. The population of Indonesia: a bibliography (1930-1972). Institute of Pupulation Study, UGM, Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.48866

Article Metrics

Abstract views : 2098 | views : 7217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Gama Societa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Darma88