Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013
Widodo -(1*), Lusi Widayanti(2)
(1) Universitas Ahmad Dahlan Jl. Kapas 9 Semaki Yogyakarta wied_uad@yahoo.co.id
(2) Universitas Ahmad Dahlan Jl. Kapas 9 Semaki Yogyakarta wied_uad@yahoo.co.id
(*) Corresponding Author
Abstract
Hasil belajar siswa di MTs Donomulyo, Nanggulan, Kulonprogo masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya partisipasi aktif dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Metode problem based learning adalah salah satu metode yang dapat memenuhi harapan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode problem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII A semester 1 MTs Donomulyo, Nanggulan, Kulonprogo Tahun 2012/2013. Metode pengumpulan data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar setelah menerima pembelajaran dengan metode PBL. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Article Metrics
Abstract views : 41031 | views : 123847Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Widodo -, Lusi Widayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.