Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Siswa Kelas X SMA (Halaman 108 s.d. 112)
Maulidi Rahmat(1*), Muhardjito -(2), Siti Zulaikah(3)
(1) Program Pascasarjana Pendidikan Fisika, Universitas Negeri malang Jl Semarang 5 Malang 65145 Kota Malang
(2) Program Pascasarjana Pendidikan Fisika, Universitas Negeri malang Jl Semarang 5 Malang 65145 Kota Malang
(3) Program Pascasarjana Pendidikan Fisika, Universitas Negeri malang Jl Semarang 5 Malang 65145 Kota Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penerapan strategi pembelajaran di kelas masih bersifat teacher centered yang belum dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa serta keaktifan siswa dalam pembelajaran. Strategi Thinking Aloud Pair Problem solving merupakan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir, keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan; 1) apakah strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, 2) bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah mixed method dengan embedded research design. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu siswa kelas X IPA 2 SMAN 7 Malang. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa; 1) strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, 2) pengaruh strategi pembelajaran thinking aloud pair problem solving berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24384
Article Metrics
Abstract views : 3881 | views : 3984Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Maulidi Rahmat, Muhardjito -, Siti Zulaikah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.