Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Lifeskill Untuk Siswa SMA (Halaman 86 s.d. 89)
Susilawati -(1*), Nur Khoiri(2)
(1) Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang, Jln. Sidodadi Timur No. 24 Semarang
(2) Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang, Jln. Sidodadi Timur No. 24 Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini menjelaskan pengembangan bahan ajar fisika berbasis lifeskill pada kelas XI semester gasal. Bahan ajar disusun untuk membekali siswa dalam memahami pelajaran fisika yang terintegrasi dengan kecakapan hidup. Kecakapan hidup yang terintegrasi dalam buku ajar fisika ini meliputi kecakapan pribadi, sosial, akademis dan vokasional. Buku ajar fisika ini menyajikan beberapa aktivitas fisik dan mental siswa. Aktivitas yang memberikan pengalaman bagi siswa meliputi tugas pendahuluan materi, tugas diskusi, tugas eksperimen dan tugas proyek. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development ( R & D ). Subjek penelitian ini melibatkan tim MGMP fisika SMA kota Semarang, sebagai tim validator bahan ajar dari praktisi pembelajaran di SMA dan tim validator ahli pendidikan fisika. Penelitian ini terdiri dari tahapan persiapan perangkat pembelajaran, tahap pelaksanaan penyusunan bahan ajar fisika dan tahapan evaluasi untuk menganalisis kekurangan dan kelebihan bahan ajar guna perbaikan bahan ajar fisika berbasis lifeskill sesuai dengan kebutuhan siswa dan tuntutan masyarakat. Hasil penelitian ini menghasilkan buku ajar fisika bermuatan lifeskills khususnya keterampilan kewirausahaan yang layak digunakan oleh siswa SMA.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jfi.24379
Article Metrics
Abstract views : 1170 | views : 1364Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Susilawati -, Nur Khoiri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.