Fungsi Vegetasi sebagai Pengendali Iklim Mikro dan Pereduksi Suara di Tiga Taman Kota DKI Jakarta

https://doi.org/10.22146/veg.39112

Fauzan Erawan Pratama(1), Siti Nurul Rofiqo Irwan(2*), Rohlan Rogomulyo(3)

(1) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(3) Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tutupan kanopi tanaman di taman kota serta pengaruhnya terhadap pengendalian iklim mikro dan pereduksi suara, dan mempelajari komposisi vegetasi yang terdapat di taman kota. Lokasi penelitian terletak di tiga taman kota, yaitu Taman Ayodya, Taman Menteng dan Taman Cattleya. Ketiga taman dipilih secara purposive sebagai sampel untuk mewakili ruang terbuka hijau (khususnya taman) yang ada di DKI Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode survei, data yang diperoleh dianalisis menggunakan T-test student dengan signifikasi 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan di lapangan dan studi literatur, pada bulan November 2017 - Januari 2018. Variabel yang diamati di lapangan meliputi rasio penutupan kanopi, bentuk vegetasi, iklim mikro ,tingkat kebisingan, dan pendapat masyarakat tentang kondisi iklim mikro dan kebisingan. Hasil penelitian menunjukan mayoritas tanaman yang terdapat di Taman Ayodya, Taman Menteng, dan Taman Cattleya adalah pohon, baik yang bersifat  pengarah, peneduh, pembatas ataupun estetis. Persentase penutupuan kanopi yang terdapat di Taman Ayodya, Taman Menteng dan Taman Cattleya termasuk kategori penuh, rata-rata persentase penutupan kanopi pada masing-masing taman yaitu 85,06%, 87,21% dan 81,97%. Komposisi dan sruktur vegetasi serta kondisi penutupan kanopi di Taman Ayodya, Taman Menteng, dan Taman Cattleya,  dapat menurunkan suhu sebesar 4°C dan mereduksi kebisingan sebesar 14 dB. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai komposisi vegetasi di Taman Ayodya, Taman Menteng, dan Taman Cattleya dan sebagai salah satu rekomendasi kepada pemerintah daerah dan pihak terkait mengenai penerapan tata hijau taman di Jakarta khususnya fungsi ekologis

Keywords


DKI Jakarta, iklim mikro, kebisingan, lanskap kota, taman kota

Full Text:

FauzanFIXPDF


References

Anonim. 2017. Mengenal Ruang Terbuka Hijau. <http://www.medcofoundation.org/mengenal-ruang-terbuka-hijau/>. Diakses pada tanggal 28 Juli 2017.

Asgitami, Y. 2017. Evaluasi Fungsi Ekologis dan Estetika pada Beberapa Taman Kota di Jakarta Selatan. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Biro Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta. 2013. Inilah Jumlah Taman Kota di DKI Jakarta.<https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/01/24/inilah-jumlah-taman-kota-yang-ada-di-dki-jakarta>. Diakses pada tanggal 14 Juni 2021.

Booth, N.K. 1983. Basic Elements of Landscape Architecture Design. Illinois: Waveland Press Inc.

Carpenter, P.L., T.D. Walker and F.O. Lanphear. 1998. Plants in the Landscape. W.H. Freeman and Company. New York.

Erdianto, A.R., Irwan, S.N.R., Kastono, D. 2019. Fungsi ekologis vegetasi taman denggung sleman sebagai pengendali iklim mikro dan peredam kebisingan. Jurnal Vegetalika, 8(3):139–152.

Grey, G.W. dan Deneke, F.I. 1978. Urban Forestry. John Wiley and Sons. New York

Harris, C. M. 1979. Handbook of Noise Control. Second Edition. McGraw-Hill Co., Inc.New York.

Laurie, Michael. 1986. Pengantar Kepada Arsitektur Pertamanan. Intermatra. Bandung.

Mahardi, F. 2013. Evaluasi Fungsi Ekologis dan Estetika pada Beberapa Taman Kota di Jakarta. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Tauhid. 2008. Kajian Jarak Jangkau Efek Vegetasi Pohon terhadap Suhu Udara pada Siang Hari di Perkotaan. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang. 126p.



DOI: https://doi.org/10.22146/veg.39112

Article Metrics

Abstract views : 4905 | views : 8129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vegetalika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VEGETALIKA journal indexed by: 

 

       

  

View My Stats