Pengaruh Penggunaan Video Tutorial Merangkai Alat Praktikum Terhadap Pemahaman dan Pengetahuan Mahasiswa pada Praktikum Isolasi dan Sintesis Senyawa Organik

https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.90342

Surani Surani(1*)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Laboratorium kimia organik dan biokimia (LKOB) merupakan bagian dari laboratorium yang ada di Departemen Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia. Salah satu praktikum yang ada di LKOB adalah praktikum Isolasi dan Sintesis Senyawa Organik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh diberikannya video tutorial merangkai alat terhadap pemahaman dan pengetahuan mahasiswa . Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan kimia sebanyak 39 orang(kelas kontrol) dan prodi kimia 32 orang(kelas eksperimen). Pada penelitain ini instrumen yang digunakan berupa pertanyaan yang harus dijawab oleh mahasiswa dalam bentuk pre-test sebanyak 3 soal dan pos-test 3 soal. Dari data yang dihasilkan untuk kelas kontrol rata – rata nilai pre-test 59,07 dan nilai pos-test 59,62, sedangkan untuk kelas eksperimen rata-rata nilai pretes 62,97 dan nilai postes 72,5 . Berdasarkan hasil uji t  tes dihasilkan data untuk kelas kontrol  nilai –p = 0,954 > 0,025 artinya tidak ada perbedaan antara rata-rata pre-tes dan post-test. Untuk kelas eksperimen niali –p = 0,104 > 0,025 aritnya tidak ada perbedaan yang berarti antara rata-rata pre-test dan post-test , meskipun untuk kelas eksperimen terdapat kenaikan nilai rata-rata dari pre-test 62,97 dan nilai post-test 72,5 (terdapat selisih sebesar 9.53) akan tetapi perbedaannya belum berpengaruh secara berarti terhadap pemahaman dan pengetahuan mahasiswa.


Keywords


Video tutorial; praktikum; mahasiswa; pre-test; post-test

Full Text:

PDF


References

Chang, R. 2003. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Juvitasari, P. M., Melati, H. A., dan Lestasri, I. 2018. Deskripsi Pengetahuan Alat Praktikum Kimia dan Kemampuan Psikomotorik Siswa MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 7(7):1-12.

Lasia, I. K. 2013. Analisis Pengetahuan Mahasiswa Tentang Dampak Penggunaan Bahan Kimia Dalam Praktikum Kimia Organik Terhadap Kesehatan. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 148-152.

Connelly, L. 2011. T-tests Medsurg nursing official journal of the Academy of Medical-Surgical Nurses. 20(6): 341–342.

Novitasari, S. dan Lisdiana. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif dan Psikomotorik pada Mata Kuliah Praktikum Struktur Tubuh Hewan. Unnes Journal of Biology Education, 4 (1): 97-103.

Decaprio, R. 2013. Tips Mengelola Laboratorium Sekolah. DivaPress, Yogyakarta.

Fienberg, S. E. dan Lazar, N., 2001. William Sealy Gosset. In: Statisticians of the Centuries [daring]. New York, NY: Springer New York, 312–317. Available from: http://link.springer.com/10.1007/978-1-4613-0179-0_67.

Soeharto, F. R. 2013. Bekerja Dengan Bahan Kimia Melalui Manajemen Bahan Kimia Dan Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Di Laboratorium Kimia. Jurnal Info Kesehatan, 11(2), 441–451.

Sitorus, M., & Sutiani, A. 2013. Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Widjajant, E., rohaeti, E., dan Isana, Y. S. L. 2010. Penerapan Praktikum Kimia Bermuatan Life Skills sebagai Upaya Mempersiapkan Calon Guru yang Berkarakter. Jurnal Cakrawala pendidikan: Edisi khusus dies. 204-211.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.90342

Article Metrics

Abstract views : 3155 | views : 24337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats