Pengembangan Buku Panduan Teknik Karakterisasi Material : X-ray Diffractometer (XRD) Panalytical Xpert3 Powder

https://doi.org/10.22146/ijl.v1i1.78970

Rodhotul Muttaqin(1*)

(1) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Panduan Teknik Karakterisasi Material: X-Ray Diffractometer (XRD) di Laboratorium Fisika Universitas Negeri Semarang. Buku panduan yang dikembangkan merupakan salah satu solusi bagi mahasiswa maupun peneliti dalam memahami karakteristik material dengan perangkat X-Ray Diffractometer (XRD). Materi dasar yang disajikan dalam buku panduan berisi tentang prinsip dasar difraksi sinar-X, struktur kristal, aplikasi difraksi sinar-x. Bagian khusus dari buku panduan yang dikembangkan adalah membahas teknik karakterisasi material dengan alat XRD Merk Malvern Panalytical type Xpert3 Powder. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fisika Universitas Negeri Semarang. Penelitian riset dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan ini menggunakan metode ADDIE. Metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) adalah suatu pendekatan dalam desain instruksional yang digunakan untuk mengembangkan program pembelajaran yang efektif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan angket untuk mengetahui validitas dan kelayakan buku panduan yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Proses pengembangan Buku Panduan telah mengikuti 5 langkah Model ADDIE seperti Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implemetation), dan Evaluasi (Evaluation). (2) Hasil uji validasi ahli isi buku termasuk dalam kriteria valid dengan rata-rata skor 78,1. (3) Hasil uji kelayakan yang dilakukan termasuk dalam kriteria layak dengan rata-rata skor 81.




Keywords


Pengembangan buku panduan; ADDIE; Uji validitas; Uji Kelayakan

Full Text:

PDF


References

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. In American International Journal of Contemporary Research (Vol. 5, Issue 6). www.aijcrnet.com

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik: Vol. VI (14th ed.). Rineka Cipta.

Borg, & Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. Longman Inc.

Danang Dwi Wicaksono, Nugroho Imam Setiawan, Wahyu Wilopo, & Agung Harijoko. (2017). Teknik Preparasi Sampel dalam Analisis Mineralogi dengan XRD (X-Ray Diffraction) di Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. PROCEEDING SEMINAR NASIONAL KEBUMIAN KE-10 “PERAN PENELITIAN ILMU KEBUMIAN DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI INDONESIA,” 1864–1880.

Hartini, S., Thaybah, Mastuang, & Mahtari, S. (2018). Developing of Physics Learning Material Based on Scientific Literacy to Train Scientific Process Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012032

Hastuti, E. (2011). ANALISA DIFRAKSI SINAR X TiO 2 DALAM PENYIAPAN BAHAN SEL SURYA TERSENSITISASI PEWARNA Oleh. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/neu.v0i0.2416

Munasir, Triwikantoro, M. Zainuri, & Darminto. (2012). UJI XRD DAN XRF PADA BAHAN MENERAL (BATUAN DAN PASIR) SEBAGAI SUMBER MATERIAL CERDAS (CaCO3 DAN SiO2). Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), 20–29.

Pratapa, S. (2009). Difraksi Sinar-X untuk Sidikjari dalam Analisis Nanostruktur. Prosiding Seminar Nasional Hamburan Neutron Dan Sinar-X Ke 7, 1–5. https://digilib.batan.go.id/ppin/katalog/file/1410-7686-2009-1-0011.pdf

Puspasari, Heny, and Weni Puspita. 2022. “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19.” Jurnal Kesehatan 13(1): 65.

Sudijono, A. (2007). Pengantar statistik pendidikan: Vol. XVI. Raja Grafindo Persada.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan (XVI, Vol. 1). Graha Ilmu.



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v1i1.78970

Article Metrics

Abstract views : 6394 | views : 12571

Refbacks



Copyright (c) 2023 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats