Purwarupa Sistem Pembayaran Retribusi Jalan Tol Berbasis Teknologi RFID

https://doi.org/10.22146/ijeis.2336

Vicky Primandani(1*), Triyogatama Wahyu Widodo(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Sistem pembayaran retribusi tol manual dan semi-otomatis yang diterapkan di Indonesia sering mengakibatkan terjadinya penumpukan kendaraan di gerbang tol. Hal tersebut disebabkan oleh lambatnya transaksi yang dibutuhkan oleh setiap kendaraan.

Penelitian ini membahas tentang penggunaan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai sistem identifikasi dan pembayaran retribusi tol. Tujuan utama sistem ini yaitu untuk meningkatkan kecepatan transaksi pembayaran tol sehingga penumpukan kendaraan yang sering terjadi di gerbang tol dapat ditanggulangi. Purwarupa sistem ini terdiri dari reader RFID dan tag RFID untuk mengidentifikasi kendaraan, portal gerbang tol, dan GUI untuk proses transaksi.

Tag RFID mengirim data ke reader RFID yang telah terpasang di setiap gerbang tol. Jika data pada tag RFID telah teregistrasi, portal gerbang tol akan terbuka dan transaksi akan diproses. Tarif retribusi akan ditentukan berdasarkan dua parameter, yaitu golongan kendaraan yang melewati gerbang told an gerbang tol yang dilalui kendaraan.

Sistem pembayaran retribusi sepenuhnya berjalan secara otomatis, pelanggan tidak perlu membuka kaca mobil untuk membayar retribusi tol. Semua otomasi dapat meningkatkan kecepatan sistem pembayaran retribusi tol sehingga penumpukan kendaraan yang sering terjadi di gerbang tol dapat ditanggulangi.

 

Kata Kunci— gerbang tol, penumpukan kendaraan, RFID, retribusi tol

 

Abstract

Manual and semi-automatic (e-toll) toll collection system in Indonesia often causes the queue in the toll gate. It is because the delay that necessary for each vehicle to do the transaction.

This research talks about RFID using (Radio Frequency Identification) as a vehicle identification and toll collection system. The main purpose of the system is to improve the toll collection transaction speed thus the queue in the toll gate will be prevented. The prototype of the system consist of RFID reader and tag as a vehicle identification, a toll gate, and a GUI to process the transaction.

RFID tag send the data to RFID reader that already installed on each toll gate. If the data was registered, the toll gate will open and the transaction will be processed. The tariff will be determined by two parameters, the type of the vehicle that passes the toll gate and the toll gate which passed by the vehicle.

The toll collection process is fully automatic, no need to open the vehicle window, to pay the toll collection. All of the automation will improve the transaction speed of toll collection system thus the queue in the toll gate will be prevented.

 

Keywords toll gate, the queue, RFID, toll collection


Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/ijeis.2336

Article Metrics

Abstract views : 5653 | views : 6369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 IJEIS - Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of :
IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentations Systems)
ISSN 2088-3714 (print); ISSN 2460-7681 (online)
is a scientific journal the results of Electronics
and Instrumentations Systems
A publication of IndoCEISS.
Gedung S1 Ruang 416 FMIPA UGM, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Fax: +62274 555133
email:ijeis.mipa@ugm.ac.id | http://jurnal.ugm.ac.id/ijeis



View My Stats1
View My Stats2