Analisis Pelayanan Arsip Statis di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
Suhardo Suhardo(1*)
(1) Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami mekanisme pelayanan publik kearsipan oleh perpustakaan dan kantor arsip Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kajian ini juga bermaksud untuk mengkaji upaya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY dalam meningkatkan pelayanan arsip dan kendala yang menghambat perencanaan pelayanan arsip. Metode penelitian kualitatif dalam kajian ini berdasarkan pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menerapkan teknik analisis data interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Kajian ini menyimpulkan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DIY sudah sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Beberapa contoh standar layanan antara lain peminjaman arsip, reproduksi arsip, penyuluhan pengguna arsip, dan penelusuran arsip. Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DIY juga telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan pelayanan kearsipan dengan melakukan akuisisi-pengolahan-penerbitan arsip, pengelolaan sumber daya manusia, dan peningkatan fasilitas pelayanan. Kajian ini juga menyadari bahwa untuk meningkatkan penyampaian arsip secara optimal, diperlukan peningkatan manajemen sumber daya manusia dan fasilitas pelayanan bagi perpustakaan daerah dan kantor arsip DIY.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amsyah, Zulkifli. 2003. Manajemen Kearsipan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lexy J. Moleong. 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung :PT Remaja rosdakarya
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RI. 2004. “Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/ M.PAN/7/2003/ Tentang Pedoman Pelayanan Publik"
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2010. Manajemen Pelayanan : Penembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal.Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Reed, Barbara.1993. Keeping Archives, Judith Ellis (Ed.).Ed. 2. Australia: D. W Thorpe.
Sinambela, L.P. 2008.Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, 2010.Metodelogi Penelitian Administrasi RD. Bandung : Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Jakarta.
Walne, Peter. 1988.Dictionary of Archival Terminology, K.G. Saur, London – Paris
Widjaja, A.W. 1993. Administrasi Kearsipan: Suatu Pengantar. Jakarta: Grafindo.
Wursanto. 1991. Kearsipan 1.Yogyakarta : Kanisius Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.83187
Article Metrics
Abstract views : 2891 | views : 4901Copyright (c) 2023 Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
....................................................................................................................................................................................................................................................
The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan with online ISSN: 2598-0009 and print ISSN: 2597-9981 is published by Universitas Gadjah Mada. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.