Intervensi berbasis sekolah sebagai pengembangan program buku harian anak terhebat

https://doi.org/10.22146/bkm.37653

Afifah Nasyahta Dila(1*)

(1) KMPK FKKMK, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Buku Harian Anak “Terhebat” (Terbiasa Hidup Bersih dan Sehat) atau BHAT merupakan buku harian yang harus diisi siswa kelas 4 dan 5 SD tentang PHBS harian di rumah, tabel konsumsi anak harian dan pada akhir buku berisi tentang PHBS mingguan di rumah. Sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2016, capaian indikator PHBS di rumah tercapai sebesar 85%. Namun, masih ada sekolah yang menganggap sebagai “kegiatan dinkes” semata, bukan sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan. Hal tersebut menjadi ancaman tidak berlanjutnya program BHAT dan tidak tersampaikannya tujuan program ke sasaran. Penelitian ini bertujuan mempertahankan sustainbilitas program BHAT dan meningkatkan peran sekolah dalam menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. Studi kasus ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari observasi laporan BHAT dan wawancara pemegang program. Intervensi berbasis sekolah merupakan bentuk tindak lanjut program BHAT dan sekaligus integrasi kegiatan UKS. Data dan informasi dari laporan BHAT setelah dilakukan pemantauan, pelaporan dan analisis, disampaikan kembali pada sekolah dan melibatkan sekolah dalam melakukan upaya kesehatan untuk anak didiknya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan Dinkes Kabupaten Lumajang yaitu melobi Bupati dan lintas sektor untuk mendukung integrasi BHAT dan UKS dalam bentuk intervasi berbasis sekolah, melakukan negoisasi dengan Puskesmas dan Sekolah dalam merancang kegiatan dan anggaran serta mendeskripsikan tupoksi masing-masing sektor, memberikan capacity building bagi petugas UKS atau guru serta merumuskan kebijakan terkait implementasi intervensi berbasis sekolah di Kabupaten Lumajang. Intervensi berbasis sekolah merupakan strategi promosi kesehatan yang efektif untuk membentuk perilaku anak dan mempertahankan sustaibilitas program BHAT serta salah satu upaya pencapaian masyarakat yang sehat dan mandiri.


Keywords


intervensi berbasis sekolah; kesehatan anak; PHBS

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/bkm.37653

Article Metrics

Abstract views : 1847 | views : 1746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Berita Kedokteran Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Berita Kedokteran Masyarakat ISSN 0215-1936 (PRINT), ISSN: 2614-8412 (ONLINE).

Indexed by:


Web
Analytics Visitor Counter