Pendidikan Kedokteran dan Pelayanan Kesehatan



T. Jacob T. Jacob(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan kedokteran• bertujuan • inencipta ahli-ahli kesehatan yang dapat rriernecahkan rnasaalah &darn •berbagai 'situasi. Yang; terutarna bertugas dalam hal ini adalah fakultas kedokteran," yang merupakan bagian 'dari universitas ; dengan dernikian. Keperluan akan tenaga medis yang beraneka ragam akan bertambah, misal- I nya teknisi perawatan ,intensif, jururawat epidemiologi, jururawat tugas luar, insinyur kedokteran, ahli hygiena rumah sakit dsb. Kerja sama dalam regu akan menjadi lebih penting.
8. Kedudukan apotheker juga ,akan berubah; farmasi akan lebih
dekat ke kedokteran. . .
9. Rumah-rumah sakit yang ada sekarang. akan menjadi "kolot" dengan perubahan-perubahan tersehut di atm.' ' • •
`10. Exploii informasi akan terjadi terus, sehingga peranan pusat-pusat informasi akan sangat penting. Perkembangan ilrnu pengetahuan alarn. dan filsafat pasti akan mempengaruhi pulaunia kedokteran.
Semua hal yang tersehut tadi man tak matt harus dihadapi oleh lembagaIembaga• pendidikan kesehatan. Taritangan itu menjadi lebih besar, oleh karena tenaga-tenaga clan' fasilitas-fasilitas pendidikan kedokteran sangat terbatas di negeri kita. - • - • •• • •
Tiga hal penting inerupakan fokus dalam pembinaan fakultas kedokteran, yaitu kedokteran korninunitas, moderniiasi klinik d.an pendewasaan ilnau-iImu kedokteran dasar, untuk menghadapi 'tantangan-tantangan tadi. Membangun salah satu tiang saja dariketiga tiang itu; pasti akan menimbulkan kepincangan.
Fakultas Kedokteran UniVersitas Gadjah Mada telah berusaha niem- , 
·bangun jawaban terhadap tantangan tadi, tetapi karni cukup sadar bahwa
jalan masih sangat jauh. Distribusi alumni kami di seluruh tanah air agak .•
menggembirakan, clemikian pula vertikalnya. Program kedokteran
kommunitas sudah beberapa Winn ditaksanakan dan terus mencoba mencari bentuknya yang tepat. Pengan fasilitas laberatoria dan rumah sakit yang terbatas, jumlah .dosen yang belum memadai dan biaya per mahasiswa per tahun yang rendah kami ter-us berusaha meningkatkan effisiensi dan. produktivitas. Pada akhirnya berhasilnya suatu .fakultas• kedokteran harus diukur pada perbandingan modal yang dituangkan Ice dalam proses pendidikan dan manfaat yang .diberikan oleh produknya-bagi kesehatan massa rakyat di seluruh tanah air meialtii . masa. - •
tugas ini terletak dalain •lingkurtgan Departe
men Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai bagiari suatu perguruan tinggi, maka Tridarma berlaku pula bagi fakultas kedokteran : Periama, mengajar para mahasiswa untuk pada suatu waktti dapat berdiri sendiri memecahkan masaalahmasaalah kesehatart.• Oleh- karena, perulidikari Mernpersiapkan mahasiswa untuk masa depan, maka 'perididikari haruS berorientasi ke depan, harns diSeSuaikart dengan keadaan yang diharapkan akan terdapat di masa depan. Oleh karena masa , depan yang jauh sukar dirarnalkan dengan. , tepat seluruhuya, maka mahasiswa dipersiapkan untuk dapat 'memecahkan soal-soal baru, menghadapi situasi baru.:„Karena pendiciikan difakultas kedokteran /amanya 6-7 tahun dan seseorang diharapkan meneapai, puncak' produktivitasnya 10-15. ,tahun sesudah .tammat, maka mahasiswa -barns dipersiapkan .:untuk :16722 tahun
yang, akaa datang ( Jacob,, 1. .
Kedua,' fakultas-kedokteran bertugas Melaltukan penelitian, Mengebbang kan ilmu-ilmu ,kedokteran jadi mencoba memecahkan Masalah masa depan yang, lebih jauh daripada mendidik. Seperti. dalam mengajar, masa depan ini juga relatif. Dalam mengajar makin tinggi tingkatsi mahasiswa, makin dekat dengan,keadaan, sekarang dia dididik. Pada tahapan koassisterisi dia dilatih merawat pasien•pasien ,,sekarang. -Dalam penelitian dalam klinik persoalan-persoalan yang lebih dekat dengan sekarang terutarna mendapat perhatian. HMO-HMO dasir'kedaterari penelitian lebih mengarah ke masa depan yang jauh,. sehingga; bagi mereka yang melihat dekat, relevansinya tidak kelihatan. Bagi mahasiswa-mahasiswa tingkat, rendah kadang juga tidak kelihatan relevansi pelajaran yang diperolehnya dengan persoalan kesehatan atau praktek kedokteran sekarang. Demikian puba jika, penelitian makin dekat ke pengembangan dalam spektrum penelitian, Makin dekat pula
kita dengan keadaan sekarang ; sebaliknya ke penelitian murni, makin jauh kita ke masa depan.,
Ketika dalam pelayanan umum (public service) fakUltas kedokteran terntaa berftinksi' di tingkat klinik; meikipuri pada tingkat pre dan paraklinik pelayanan umum juga dilakukan.





Article Metrics

Abstract views : 678 | views : 674




Copyright (c) 2015 T. Jacob T. Jacob

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.